Penyebab Relay AC Mobil Panas dan Solusi Mengatasinya - Dokter Mobil
 
Posted by Juan Domo AC, Masalah AC Mobil, Perawatan Berkala

Penyebab Relay AC Mobil Panas dan Solusi Mengatasinya

Salah satu penyebab AC mobil rusak adalah karena relay AC mobil panas sehingga aliran listrik ke magnetic clutch dan komponen lainnya tidak berfungsi normal. Lantas apa solusinya?

Sebelum mendapatkan solusi untuk masalah ini, kita perlu tahu terlebih dahulu penyebab masalah ini. Namun mari kita simak dulu penjelasan seputar relay AC mobil berikut ini.

Fungsi Relay AC Mobil

Relay pada AC mobil berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke komponen-komponen AC mobil. Komponen ini seperti magnetic clutch, motor blower, dan kipas AC mobil. Dengan adanya relay AC mobil, semua komponen akan lebih aman dari adanya masalah korsleting.

Relay ini juga berfungsi untuk mencegah kerusakan pada kunci kontak, di mana kuni kontak sering kali rusak karena titik-titik kunci kontak cepat aus atau terbakar.

Nah, relay pada AC mobil ini bisa mengalami kepanasan sehingga tidak mampu bekerja dengan optimal. Apa saja penyebab masalah ini?

Penyebab Relay AC Mobil Panas

Karena terus menerus mengalirkan listrik, relay AC mobil lama kelamaan akan panas. Dan hal ini pada dasarnya merupakan hal yang lumrah. Namun beberapa mobil relaynya mengalami panas yang berlebihan. Akibatnya, terjadi korsleting, kebakaram, atau terjadi melting (meleleh) pada komponen mobil.

Nah, panas berlebihan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil

    Walaupun bertugas mengalirkan kelistrikan mobil dengan aman, namun jika kelistrikan mobil sendiri sanga tak stabil, relay akan mendapatkan pasokan listrik yang terlalu banyak.

    Pasokan listrik berlebihan ini dapat menyebabkan relay over capacity dan oeverheating. Untuk menghindari masalah ini, ada baiknya untuk menstabilkan kelistrikan mobil secara keseluruhan. Adapun alat yang bisa digunakan adalah volt stabilizer terbaik seperti JS One dan R-Project.

  • Masalah pada Amplifier AC Mobil

    Amplifier ini merupakan rangkaian elektronik yang bertindak sebagai relay otomotis. Fungsinya untuk menyambungkan dan memutuskan listrik dari baterai menuju ke magnetic clutch.

    Ada 2 jenis amplifier pada AC mobil, yaitu temperatur control amplifier dan temperatur control idling stabilizer amplifier. Keduanya merupakan pengatur suhu. Nah kerusakan pada amplifier ini akan menyebabkan suhu menjadi tidak stabil. Baik suhu AC mobil, juga suhu relay AC mobil. Mengapa? Karena setiap komponen AC mobil akan dianggap masih dalam keadaan dingin, dan tidak masalah untuk terus dipaksa kerja. Padahal komponen tersebut sudah overheating.

Nah, itulah 2 hal utama yang jadi penyebab relay AC mobil panas dan harus segera diatasi. Semoga informasi ini bermanfaat dan jadi pedoman yang berharga untuk kita semua. Terimakasih.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *