Penyebab AC Mobil Tidak Dingin saat Cuaca Panas atau Ketika Siang
 
Posted by Juan Domo Masalah AC Mobil

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin saat Cuaca Panas atau Ketika Siang

Masalah AC mobil tidak dingin saat cuaca panas perlu penanganan yang tepat. Agar masalah tak muncul kembali. Mengapa? Karena penanganan yang sembarangan justru menyebabkan kerusakan mobil dapat semakin parah.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai masalah yang sedang anda hadapi. Hal tersebut meliputi 3 hal, yaitu:

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin saat Siang atau Ketika Panas

Pada dasarnya penyebab masalah ini ada beberapa faktor. Dan setiap faktor perlu dicheck dan ditangani segera. Adapun faktor-faktor tersebut adalah:

  • Mesin ataupun Komporesos AC Mobil yang Terlalu Panas

    Mesin mobil ataupun kompresor AC mobil anda mungkin bermasalah. Misalnya kurang oli. Akibatnya, ketika panas atau siang hari, kedua komponen tersebut akan lebih mudah panas.

    Karena mudah panas berlebihan (overheat), panasnya tersebut terkonveksi ke arah kondensor AC mobil. Dan hal tersebut menyebabkan freon AC mobil terkontaminasi panas. Alih-alih memberikan hawa dingin, freon AC justru membawa hawa panas dan gagal mendinginkan udara dari kondensor AC.

  • Kualitas Freon AC Mobil yang Sudah Tidak Baik

    Masalah AC mobil tidak dingin saat panas juga biasa disebabkan karena kualitas freonnya sudah jelek. Hanya karena terpapar sedikit panas (dari kompresor, mesin mobil, ataupun saluran knalpot mobil), freon jadi kehilangan daya pendinginannya.

    Oleh karenanya, sangat penting untuk memilih freon berkualitas dan melakukan ganti ulang freon secara berkala.

  • Fan Belt yang Mudah Memuai

    Masalah ini memang jarang terjadi, namun kadangkali muncul. Jadi karena panas, fan belt akan memuai sehingga jadi longgar. Akibatnya, fan belt tidak sempurna dalam mengalirkan putaran mesin dengan putaran kompresor AC mobil.

    Karena kompresor tidak berputar, otomatis AC mobil menjadi tidak dingin.

  • Magnetic Clutch yang Kehilangan Daya Magnetismnya

    Masalah ini juga jarang terjadi. Namun pada beberapa kasus muncul dan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin saat cuaca panas.

    Seperti yang kita tahu, daya magnetism akan hilang ketika sumber magnetism terlalu sering terpapar panas. Dan hal inilah yang terjadi pada magnetic clutch anda.

Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, anda kini tentunya makin tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Solusi Mengatasi Masalah AC Mobil Tidak Dingin Saat Cuaca Panas

Tidak perlu panik ataupun takut akan biaya service untuk penanganan masalah ini. Ada cukup banyak solusi mudah dan praktis yang bisa anda pilih.

Adapun beberapa solusi yang bisa anda lakukan antara lain:

  • Lakukan Flushing AC Mobil

    Gunanya adalah untuk memastikan bahwa kompresor AC mobil kembali seperti baru. Tidak mudah panas dan mampu bekerja maksimal dalam memberikan pendinginan terbaiknya.

    Selain itu, flushing juga memastikan freon AC diisi dengan yang baru, dan yang lebih berkualitas. Dengan melakukan flushing, lebih dari 1 penyebab AC mobil tidak dingin akan teratasi.

  • Check Part-Part Mobil

    Setelah melakukan flushing, anda dapat mencoba apakah masalah yang sama masih terulang atau tidak. Jika masih terulang, langkah selanjutnya yang bisa dipilih adalah dengan melakukan penggantian pada beberapa part yang bermasalah. Part tersebut antara lain magnetic clutch, fan belt AC mobil, kipas kompresor AC, dan part-part lain yang berhubungan dengan AC mobil.

  • Ganti Oli Mesin Mobil Anda

    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masalah ini biasanya muncul karena mesin mobil terlalu mudah untuk overheating. Dan salah satu penyebab overheating adalah oli mesin mobil yang belum diganti. Oleh sebab itu, mengganti oli dapat menjadi solusi.

    Namun masalah mesin yang mudah overheating bisa juga karena sebab lainnya. Oleh sebab itu, anda dapat mencoba untuk melakukan pengecheckan secara menyeluruh apa saja penyebab mesin mobil anda mudah panas.

Nah itulah beberapa solusi yang bisa anda lakukan. Masih ada beberapa solusi lainnya. Namun tentu saja dengan solusi di atas biasanya masalah ini sudah langsung tuntas.

Hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah mencegah masalah ini muncul kembali.

Cara Mencegah Masalah AC Mobil Tidak Dingin saat Panas Terulang Kembali

Agar AC mobil anda bisa selalu dingin, anda perlu menghilangkan beberapa kebiasaan buruk di dalam mobil. Oleh sebab itu, pastikan bahwa anda selalu:

  1. Melakukan Perawatan Berkala pada AC Mobil
    Perawatan tersebut meliputi rutin melakukan cuci AC dan evaporator, rutin melakukan flushing AC mobil, dan mengecheck kondisi part AC mobil minimal 3 bulan sekali.
  2. Menghindari Hal-Hal Buruk yang Dapat Merusak AC Mobil
    Hal buruk tersebut cukup banyak. Di antaranya adalah merokok sembarangan di dalam mobil, makan dan minum di dalam mobil, dan menggunakan parfum semprot di dalam mobil.
  3. Lakukan Tune Up Mobil

    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masalah ini muncul karena mesin mobil mudah overheat. Terutama ketika cuaca panas. Oleh sebab itu, anda harus membiasakan melakukan tune up pada mesin mobil anda.

    Dengan tune up, mesin mobil lebih bersih dan mampu lebih optimal dalam bekerja. Tidak mudah panas dan mengkonveksi panas tersebut ke mesin kompresor dan freon AC mobil.

Nah itulah beberapa hal yang bisa anda pelajari mengenai masalah AC mobil yang tidak dingin ketika siang hari (cuaca panas). Namun disarankan untuk menyerahkan pengecheckan dan service ke bengkel AC mobil terpercaya untuk dilakukan pengecheckan lebih mendalam.

Jika anda memiliki pertanyaan ataupun tambahan informasi seputar masalah AC mobil tidak dingin saat cuaca panas atau siang hari, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan semoga hari anda menyenangkan.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *