Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin - Dokter Mobil
 
Posted by Juan Domo AC, Masalah AC Mobil

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Mencari penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin adalah hal yang mudah. Persoalannya adalah, tak banyak yang tahu bagaimana caranya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mungkin kita berpikir, untuk apa mencari penyebab masalah, bukankah yang saya ingin tahu adalah solusinya. Pada kenyataannya, dengan mendapatkan penyebab masalah, anda juga akan lebih mudah untuk menentukan cara mengatasi dan cara mencegah permasalahan ini.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Setidaknya ada 3 hal yang jadi penyebab utama masalah ini. Adapun ketiga penyebab tersebut antara lain adalah:

  1. Freon AC Mobil

    Freon adalah sumber pendinginan AC mobil. Tanpanya, udara yang dihembuskan tidak akan dingin. Namun freon juga bisa mengalami masalah. Beberapa masalah yang dialami freon antara lain adalah berkurang/habis, frosting, dan kehilangan kemampuan pendinginan.

    Berkurangnya freon AC mobil biasa disebabkan oleh adanya kebocoran AC mobil. Hal ini menyebabkan tidak ada suplai freon untuk mendinginkan udara di kondensor AC mobil.

    Frosting adalah pembekuan freon oleh suhu yang dia hasilkan sendiri. Akibat pembekuan ini, saluran AC mobil menjadi tersumbat dan tidak ada pasokan freon yang cukup untuk mendinginkan udara.

    Masalah yang terakhir adalah freon AC mobil kehilangan kualitas dan kemampuannya untuk mendinginkan udara. Biasanya terjadi ketika freon terpapar panas terlalu sering. Adapun panas tersebut bisa berasal dari sinar matahari, mesin mobil, ataupun kompresor yang overheat.

  2. Evaporator AC Mobil Kotor

    Ketika evaporator AC mobil kotor, udara dingin yang dihasilkan harus melewati evaporator yang kotor tersebut. Hawa dingin tersebut akan terserap oleh kotoran di evaporator. Hasilnya tidak hanya udara menjadi tidak dingin, namun juga membawa bau dan kuman penyakit.

    Evaporator AC mobil seiring waktu memang akan kotor. Namun seringkali kotornya evaporator terjadi lebih cepat dari seharusnya. Biasanya terjadi karena perilaku buruk tidak menjaga kebersihan di dalam mobil.

Itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin. Dengan informasi tersebut, seharusnya anda sudah mengerti solusi untuk mengatasi masalah ini.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Tak Dingin dan Hanya Keluar Angin

Adapun beberapa solusi yang bisa dipilih antara lain adalah:

  1. Cuci Evaporator
    Dengan mencuci evaporator yang kotor, maka penyebab udara dingin hilang akan teratasi. Namun tentu saja anda juga harus mulai menjaga kebersihan di dalam mobil agar evaporator tidak terlalu cepat kotor. Apalagi sampai harus ganti evaporator karena kotorannya sudah tidak bisa dicuci.
  2. Ganti Freon AC Mobil
    Freon yang kualitasnya sudah jelek harus segera diganti. Pastikan freon tersebut tahan frosting, tak mudah panas, dan tak menimbulkan bau tak sedap. Sebelum mengisi ulang freon AC mobil, pastikan anda mengisi ulang freon dalam takaran yang tepat, dan sudah terlebih dahulu memastikan tidak ada kebocoran di saluran freon.

Lengkap sudah penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Jika anda kesulitan dalam mengatasi masalah ini, silahkan kunjungi Dokter Mobil.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *