Penyebab AC Mobil Mati - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Penyebab AC Mobil Mati

Saat anda sedang mengendarai mobil, tiba – tiba anda terganggu dengan suara aneh yang tiba – tiba muncul. Setelah di amati, ternyata bunyi tersebut berasal dari AC mobil anda. Atau saat anda menikmati perjalanan dengan AC yang sejuk, tiba – tiba AC anda mati secara mendadak. Tentunya anda pasti sangat kesal bila mengalami dua hal di atas. Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada AC mobil kebanyakan orang. Karena salah satu komponen yang digunakan terus menerus, sistem AC mobil perlu perawatan bahkan perbaikan jika benar telah rusak. Beberapa hal yang cukup sering dialami oleh para pemilik mobil adalah AC mobil yaitu AC mengeluarkan suara bising atau bahkan AC yang mati dengan sendirinya.

ac mobil tiba-tiba matiservice ac mobil di jakarta utara

Lalu, apa sebenarnya penyebab AC mobil mati dan berbunyi? Untuk AC mobil yang mati tiba – tiba, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Namun, untuk AC mobil yang mengeluarkan suara berisik, sumber masalahnya terletak pada kompresor AC. Untuk menyelesaikan masalah seperti ini, kami menyarankan anda untuk berkonsultasi kepada ahlinya sehingga anda lebih menghemat biaya. Ada beberapa hal yang menyebabkan kompresor anda mengeluarkan bunyi yang mengganggu. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • Oli kompresor

Jika kompresor anda kekurangan bahkan kehabisan oli, maka bisa jadi ini salah satu penyebab AC anda berisik. Kekurangan oli ini bisa terjadi karena memang kurang teliti saat mengisinya atau ada kebocoran pada sistem AC anda dan menyebabkan oli serta Freon berkurang bahkan habis.

  • Piston/ silinder yang aus

Piston atau silinder yang longgar atau aus juga menjadi salah satu penyebab AC anda berisik. Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda menggantinya dengan kompresor yang baru.

  • Trush bearing longgar

Trush bearing yang longgar dan tidak presisi menyebabkan kompresor berputar tidak stabil sehingga akan mengeluarkan bunyi yang berisik saat kompresor berputar bersamaan dengan mesin.

  • As Kurang presisi

AS Kompresor yang tidak presisi pada type ND menyebabkan piston bergerak maju mundur melebihi batas maksimalnya, hal ini akan menyebabkan benturan pada valve kompresor AC.

Itulah beberapa penyebab AC mobil mengeluarkan bunyi yang berisik. Untuk masalah AC yang mati mendadak, ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Penyebab AC yang mati mendadak antara lain :

  • Sekring putus

Sekring AC yang putus tentu saja akan menyebabkan AC mati total. Hal ini terjadi karena ada konslet pada spull magnetic atau field coil magnetic clutch.

  • Kompresor AC macet

Selain menyebabkan bunyi yang berisik, saat kompresor AC kekurangan oli makan akan menyebabkan kompresor macet dan AC tidak dapat menyala.

  • V-belt putus

V-belt yang putus menyebabkan puli kompresor AC yang terhubung dengan putaran mesin tidak akan bekerja dan secara otomatis AC akan mati.

  • Relay AC yang rusak

Relay AC yang rusak dapat menyebabkan AC mati secara mendadak. Relay AC berfungsi sebagai penyuplai arus listrik untuk magnetic clutch.

Itulah beberapa Penyebab AC Mobil Mati dan berbunyi yang mungkin bisa menjadi solusi bagi masalah AC anda. Jika anda memiliki masalah AC yang mati dan mengeluarkan bunyi yang berisik, anda dapat berkonsultasi dan menggunakan jasa kami. Dokter Mobil, Spesialis AC Mobil Di Kelapa Gading Jakarta Utara yang dapat berbagai masalah pada mobil terutama yang berkaitan dengan AC mobil anda. semoga artikel penyebab AC mati dan berbunyi tadi bermanfaat, serta jangan lupa untuk mempercayakan perbaikan AC mobil anda pada kami.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: