Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak Dingin dan Solusinya
 
Posted by Juan Domo Perawatan Berkala

Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak Dingin dan Solusinya

Munculnya masalah AC mobil yang kadang dingin namun kadang tidak dingin ini bisa diselesaikan dengan mudah. Yang terpenting adalah anda tahu bagaimana melakukannya. Dan semuanya akan selesai dengan cepat.

Ya, masalah ini terjadi hanya karena beberapa sepele. Apa saja itu?

Penyebab AC Mobil Kadang Tidak Dingin

Penting untuk anda untuk mengetahui beberapa penyebab AC mobil kadang tidak dingin, namun kadang dingin. Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain adalah:

Kerusakan pada Komponen AC Mobil

Ada beberapa komponen AC mobil yang ketika rusak akan menyebabkan AC mobil kadang dingin kadang tidak dingin. Komponen ini antara lain adalah:

  • Magnetic Clutch yang Daya Magnetismnya Melemah
    Karena magnetic clutch yang daya magnetismnya sudah melemah, akan menyebabkan kadang mampu memutar kompresor AC, kadang tidak mampu. Dengan demikian, pulley atau magnetic clutch inilah penyebab utama masalah demam atau kadang dingin kadang tidak.
  • Pemasangan Fan Belt AC Mobil yang Tidak Pas
    Sebab lainnya adalah fan belt yang tidak pass sehingga kadang dapat memutar kompresor AC, namun kadangkala slip sehingga AC mobil tidak berputar.

Dengan mengetahui kerusakan atau masalah pada 2 komponen di atas, anda dapat dengan mudah menentukan solusi selanjutnya.

Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil

Sebab lain AC mobil kadang tidak dingin adalah kelistrikan mobil yang tak stabil. Akibatnya, AC mobil kadang memiliki daya untuk menghasilkan hawa dingin. Namun di lain waktu, AC mobil tidak memiliki daya yang cukup.

Untuk mengatasi masalah kelistrikan ini, anda dapat menggunakan volt stabilizer. 

Frosting Freon AC Mobil

Pembekuan freon akan menyebabkan sumbatan pada saluran freon. Akibatnya, aliran freon tidak mencukupi untuk terus menerus mendinginkan udara yang akan dikirim ke blower.

Frosting ini terjadi karena kualitas freon tidak berkualitas baik.

Solusi Mengatasi AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak Dingin

Solusi masalah ini hanya berfokus pada 3 hal, yaitu:

  • Penggantian atau perbaikan pada komponen AC mobil yang bermasalah
  • Menjaga kelistrikan mobil agar tetap stabil
  • Melakukan flushing dan penggantian freon untuk menghilangkan frosting

Demikian informasi yang dapat kami berikan untuk mengasi masalah AC mobil kadang dingin kadang tidak dingin. Semoga dapat menjadi informasi yang lengkap dan bermanfaat untuk anda. Jika anda membutuhkan informasi lainnya, silahkan kunjungi artikel-artikel kami lainnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *