Penyebab AC Mobil Captiva Tidak Dingin dan Teknik Penanganannya
 
Posted by Juan Domo Perawatan Berkala

Penyebab AC Mobil Captiva Tidak Dingin dan Teknik Penanganannya

 

Kondisi AC mobil Captiva yang tidak dingin dapat menyebabkan perjalanan menjadi kurang menyenangkan. Ini 5 penyebab dan solusinya. Semoga bermanfaat.

Setidaknya ada 5 hal yang menjadi sumber masalah. Dan sebaiknya segera diatas karena jika dibiarkan berlarut dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Penyebab AC Mobil Captiva Tidak Dingin

Ada beberapa penyebab munculnya masalah ini dan harus segera anda tangani. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab masalah ini, anda dapat menentukan cara mengatasi dan mencegah kembalinya masalah ini.

Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain adalah:

  • Kerusakan pada Magnetic Clutch
    Merupakan penyebab utama AC mobil tidak dingin, tak terkecuali pada jenis mobil Captiva. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa melakukan penggantian komponen magnetic clutch.
  • Fan Belt AC Mobil Copot
    Faktor usia, kualitas, ataupun ukuran dapat menjadi penyebab fan belt AC mobil copot. Ketika copot, putaran mesin tidak dapat memutar kompresor AC mobil sehingga kompresor menyala namun tidak bekerja dengan semestinya.
  • Freon AC Mobil Habis atau Kurang
    Kebocoran pada saluran freon dapat menyebabkan jumlah freon habis atau berkurang. Karena jumlahnya tidak mencukupi untuk mendinginkan udara dari kondensor, maka udara yang keluar tidak terasa dingin.
  • Evaporator AC Mobil yang Kotor
    Evaporator yang kotor juga menjadi salah satu penyebab masalah ini. AC mobil Captiva tidak dingin karena udara dingin yang melalui kompresor AC mobil terhalang kotoran. Hasilnya, udara yang lewat hawa dinginnya terserap oleh kotoran di kompresor.
  • Kualitas Freon AC Mobil yang Habis
    Satu lagi penyebab AC mobil Captiva mengalami masalah tidak dingin adalah karena kualitas freonnya hilang. Biasanya terjadi karena freon tercampur kotoran, terkena panas yang terlalu sering, ataupun faktor kualitas freon yang memang jelek.
  • Masalah Kelistrikan AC Mobil
    Alasan lain adanya masalah pada AC mobil Captiva adalah kelistrikan mobil yang tidak stabil. Karena tidak mendapatkan aliran listrik yang mencukupi, kerja freon tidak maksimal. Sehingga pengerjaan pendinginan tidak berjalan dengan prosedur yang semestinya.

Itulah beberapa penyebab AC pada mobil Captiva mengalami masalah tidak dingin. Lantas apa solusinya? Ternyata ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Apa saja hal tersebut?

Solusi Mengatasi AC Mobil Captiva yang Tidak Dingin

Untuk mengatasi masalah tidak dingin pada jenis mobil Captiva, yang perlu anda lakukan adalah beberapa penanganan standart. Namun pastikan anda melakukan pengecheckan secara mendetail untuk mencari penyebab masalah.

Adapun solusi yang bisa anda pilih antara lain :

  • Isi ulang freon AC mobil
    Namun pada dasarnya freon tidak akan berkurang jika tidak ada kebocoran. Oleh sebab itu, pastikan anda mencari titik kebocoran pada freon AC mobil sebelum mengisi ulang freon.
  • Cuci AC Mobil
    Untuk mengatasi masalah kotor di evaporator AC mobil, anda baiknya anda melakukan cuci AC mobil yang mengikut sertakan cuci evaporator AC.
  • Flushing AC Mobil
    Beberapa faktor lain penyebab mobil tidak dingin adalah adanya kotoran di kompresor AC mobil yang menyebabkan kerja kompresor tidak maksimal. Ataupun karena oli kompresor volume dan kualitasnya sudah tidak sesuai. Semua masalah tersebut bisa diselesaikan dengan melakukan flushing AC mobil.
  • Penggantian Part yang Bermasalah
    Masalah pada magnetic clutch ataupun fan belt pada umumnya hanya bisa diselesaikan dengan melakukan penggantian part. Namun pastikan untuk mengecheck seluruh komponen AC mobil agar mengetahui part-part apa saja yang bermasalah.

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang bisa kami berikan. Jika anda kesulitan untuk mengatasi masalah AC mobil Captiva tidak dingin ini, silahkan tanyakan kepada kami melaui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih sudah membaca. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *