Penyebab AC Mobil Bau Amoniak dan Solusi Mengatasinya
 
Posted by Juan Domo AC Mobil Bau, Masalah AC Mobil

Penyebab AC Mobil Bau Amoniak dan Solusi Mengatasinya

Mencium AC mobil bau amoniak tentu sangat tidak menyenangkan. Dan berbahaya bagi kesehatan. Sumbernya tidaklah terduga. Lantas apa solusinya? Silahkan membaca artikel berikut ini.

Pertama-tama tentu kita harus mencari tahu penyebab masalah ini. Dengan demikian kita bisa tahu bagaimana mengatasi masalah, dan mencegah terulangnya kasus ini.

Penyebab AC Mobil Bau Amoniak

Bau amoniak ini kemungkinan besar bukanlah berasal dari zat kimia amoniak. Namun hanya berbau mirip amoniak. Walaupun memang ada kemungkinan benar-benar amoniak.

Lantas apa saja penyebab bau amoniak ini?

  • Tumpahan Zat Kimia

    Mungkin saja ada penumpang mobil yang membawa zat kimia. Lalu tumpah dan masuk ke saluran AC mobil. Zat amoniak ini bisa berasal dari penumpang yang membawa pupuk.

  • Urin

    Asal bau amoniak selanjutnya bisa berasal dari urin. Baik itu urin hewan, ataupun urin manusia (semisal bayi yang mengompol). Oleh sebab itu, bau amoniak sangatlah berbahaya karena kemungkinan besar membawa penyakit.

Sebenarnya masih ada beberapa kemungkinan lain sumber bau amoniak tersebut. Namun pada umumnya memang hanya disebabkan oleh kedua sumber masalah tadi.

Lantas apa solusinya? Silahkan check pada tulisan di bawah ini.

Solusi Mengatasi AC Mobil yang Bau Urin atau Amoniak

Untuk mengatasi masalah ini, yang terpenting dilakukan adalah melakukan bersih-bersih. Cara membersihkannya adalah dengan:

  • Flushing AC Mobil
    Biasanya sumber bau tersebut sudah menempel di dalam kompresor atau saluran AC. Atau bahkan sudah bercampur di cairan freon. Oleh sebab itu, flushing merupakan cara terbaik untuk membersihkan kotoran tersebut.
  • Cuci AC Mobil
    Tidak hanya di bagian dalam kompresor AC mobil, namun juga komponen luar AC mobil perlu dibersihkan. Utamanya perlu membersihkan bagian blower dan evaporator.

    Ya, bau amoniak ini kemungkinan besar menempel di blower ataupun evaporator. Oleh sebab itu, anda perlu mencuci evaporator mobil anda, walaupun terasa masih bersih. Ya, kelihatannya bersih, namun bisa saja sudah kotor karena menempel kotoran-kotoran tidak terlihat.

  • Fogging

    Langkah terakhir untuk mengatasi AC mobil bau amoniak adalah dengan melakukan pengasapan untuk menghilangkan bau. Fogging di Dokter Mobil merupakan yang terbaik untuk menghilangkan bau amoniak ini.

    Mengapa?

    Karena tidak hanya menghilangkan baunya saja, namun juga memastikan kuman dan bakteri terbunuh oleh pengasapan yang anda lakukan.

Itulah beberapa solusi terbaik mengatasi masalah AC mobil bau amoniak. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

 

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *