Mencari Penyebab AC Mobil Avanza Berisik dan Cara Menanganinya
 
Posted by Juan Domo Masalah AC Mobil, Perawatan Berkala

Mencari Penyebab AC Mobil Avanza Berisik dan Cara Menanganinya

Suara AC mobil Avanza berisik dapat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan. Apalagi dalam perjalanan jauh. Ini solusinya.

Pada dasarnya, penyebab masalah ini sangatlah banyak. Apalagi jika Avanza anda jarang diberikan perawatan berkala. Tidak hanya berisik, namun juga akan memiliki masalah-masalah lainnya. Lantas apa solusinya? 

Penyebab AC Mobil Avanza Berisik

Untuk dapat mengatasi suara berisik tersebut, anda perlu terlebih dahulu mencari penyebab munculnya kejadian ini. Dengan demikian, anda bisa menentukan sendiri solusi terbaik dan cara mencegah kejadian serupa terulang.

Adapun beberapa penyebab munculnya suara berisik pada mobil Avanza antara lain adalah:

Kurangnya Oli Kompresor

Kekurangan oli kompresor dapat menyebabkan logam-logam di kompresor AC mobil saling bertumbukan. Akibatnya, AC mobil menghasilkan suara berisik.

Ada Gram-Gram Kasar di Dalam Kompresor AC Mobil

Kekurangan oli kompresor dapat menyebabkan adanya gesekan antar logam-logam di kompresor AC mobil Avanza. Gesekan ini akan menghasilkan gram-gram besi yang dapat menimbulkan suara ngorok.

Kipas AC Mobil Patah

Kipas yang patah memang tidak menimbulkan bunyi berisik. Namun patahannya bisa saja terus berputar-putar di sekitar kipas. Dan hal inilah yang menyebabkan munculnya suara berisik.

Freon AC Mobil Bocor

Kebocoran freon juga dapat menyebabkan munculnya suara mendesis. Suara ini biasanya hanya sebentar, namun pada beberapa kasus, dapat berlangsung cukup lama.

Daun di Dashboard AC mobil

Adanya daun kering yang masuk ke dashboard AC mobil dapat menimbulkan suara-suara berisik. Untuk mengatasi masalah ini, biasanya dapat dilakukan hanya dengan cuci AC mobil.

Lantas apa solusinya?

Solusi Mengatasi AC Mobil Avanza yang Mengeluarkan Suara Berisik

Adapun solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan:

  1. Mencari penyebab kerusakan mobil
  2. Mengganti part-part yang bermasalah
  3. Melakukan flushing untuk ganti oli kompresor dan menyedot gram-gram di dalam kompresor AC mobil
  4. Mencari titik kebocoran AC mobil dan menambalnya
  5. Melakukan testing apakah AC mobil masih berisik

Demikianlah solusi mengatasi masalah bunyi ini. Dengan mengikuti semua petunjuk di atas, masalah AC mobil Avanza berisik seharusnya akan teratasi dengan mudah. Namun jika masalah ini belum juga teratasi, anda membutuhkan pengecheckan yang lebih mendalam. Silahkan menghubungi Dokter Mobil.

 

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *