Cara Membersihkan Intake Manifold Tanpa Melakukan Bongkar - Dokter Mobil
 
Posted by Juan Domo bengkel mobil, Mesin

Cara Membersihkan Intake Manifold Tanpa Melakukan Bongkar

Cara Membersihkan Intake Manifold Tanpa Melakukan Bongkar

Mesin mobil adalah kehidupan kendaraan anda. Tanpanya, mobil anda tidak akan berfungsi. Oleh karenanya, pemilik mobil harus lebih berhati-hati dan memastikan bahwa mesin selalu dalam kondisi bersih dan terjaga.

Hal tersebut sangat penting untuk memastikan mesin tetap dalam kondisi terbaiknya.

Seiring berjalannya waktu, endapan karbun, lendir, dan kotoran bisa masuk ke dalam mesin mobil. Hal tersebut akan mempengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar, dan menurunkan performa mobil secara keseluruhan. Namun di antara semua komponen mesin mobil, ada satu bagian yang sering kali dilupakan (diabaikan). Bagian tersebut adalah intake manifold.

Anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa itu intake manifold? Ketika Dokter Mobil mewawancarai beberapa pemilik mobil, umumnya mereka memiliki tatapan wajah yang bingung dan tak tahu harus menjawab apa.

Nah, intake manifold, juga dikenal sebagai inlet manifold, adalah bagian dari mesin yang berfungsi sebagai jalan keluar untuk udara dan bahan bakar. Fungsi utamanya adalah untuk mendistribusikan secara merata campuran udara dan bahan bakar ke setiap port intake di dalam silinder sehingga mesin akan berjalan.

Bayangkan sebuah mesin uap yang berjalan di atas batu bara. Batubara dibakar di mesin uap untuk memberikan energi kereta dan membuatnya berjalan. Proses untuk kendaraan hampir serupa. Asupan intake berfungsi sebagai “area pembakaran” di mana bahan bakar dan udara “dibakar” yang membuat akan mobil Anda bisa bergerak.

Bagaimana Cara Kerja Intake Manifold?

Salah satu masalah terbesar yang mungkin dihadapi pemilik kendaraan adalah intake manifold yang kotor. Ketika ini terjadi, karbon menumpuk dan mengurangi asupan udara. Padahal rasio udara dan bahan bakar harus seimbang dan sempurna sehingga efisien dalam penggunaan bahan bakar saat Anda menginjak pedal gas.

Intake Manifold
Intake Manifold

Oleh karena itu, jika udara dan bahan bakar tidak terbakar dengan baik, Anda membakar lebih banyak bahan bakar. Ciri-ciri pembakaran yang tidak sempurna dapat terlihat dari adanya asap knalpot hitam. Asap knalpot hitam ini akan menyebabkan polusi udara.

Ketika Engine Control Unit (ECU) mendeteksi bahwa ada lebih banyak asupan bahan bakar daripada asupan udara, ECU akan mencoba menyesuaikan kebutuhan dengan mengambil lebih banyak udara. Hal tersebut akan menyebabkan sensor menghasilkan pembacaan yang tidak akurat. Ini akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan hilangnya tenaga mobil (horsepower).

Ketika intake manifold tidak bekerja dengan benar, Anda membakar lebih banyak bahan bakar daripada yang dibutuhkan karena hanya ada sedikit asupan udara. Di sisi lain, Anda membuang lebih banyak bahan bakar karena ada lebih sedikit udara dan tidak membakar bahan bakar dengan benar.

Kondisi Intake Manifold
Kondisi Intake Manifold

Pemilik mobil harus mulai membiasakan diri untuk segera melakukan pengecheckan kondisi intake manifold ketika menemukan asap knalpot lebih gelap/hitam dari biasanya. Juga sebaiknya segera melakukan pengecheckan ada tidaknya endapan di intake manifold saat konsumsi BBM terasa meningkat drastis.

Jika anda mau dan memiliki waktu, pembersihan intake manifold sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Berikut ini beberapa langkah sederhana bagaimana cara membersihkan intake manifold tanpa melakukan bongkar.

Cara Bersihkan Intake Manifold

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Intake Cleaner

Dengan diperkenalkannya berbagai macam produk pembersih yang canggih di pasar, membersihkan intake manifold kini sudah jauh lebih mudah. Dan kini anda tidak perlu membongkar mesin untuk membersihkannya. Namun, pastikan Anda percaya diri dan terampil untuk melakukan setiap langkah-langkah yang akan kami sampaikan ini.

Beberapa barang yang anda butuhkan adalah sebagai berikut:

Foam Intake Cleaner

Intake Manifold Dokter Mobil
Intake Manifold Dokter Mobil

Intake Cleaner dibuat khusus untuk membersihkan throttle dan intake manifold dengan menghilangkan endapan karbon, kotoran, permen karet, dan pernis. Kebanyakan intake cleaner aman untuk injektor bahan bakar, konverter katalitik, dan perangkat kontrol emisi. Kami sarankan Anda mencoba intake cleaner yang memang sudah terbukti memberikan pembersihan ruang mesin dengan sempurna.


Hal-Hal Lain yang Anda Butuhkan

kain bersih
kain bersih
  • Obeng dan kunci pas
    Digunakan untuk melepas atau memasang kembali tabung / selang.
  • Sarung tangan rumah tangga
    Digunakan untuk melindungi tangan Anda dari bahan kimia berbahaya dan panas mesin
  • Masker bedah/ Masker Wajah
    Digunakan untuk mencegah diri dari menghirup uap beracun
  • Kain microfiber atau kain katun apa pun yang sudah dibersihkan
    Ini akan digunakan untuk membersihkan kelebihan cairan dari mesin.

Langkah Pengerjaan

Sebelum memulai proses, parkir mobil Anda di tempat yang teduh dan berventilasi baik, tetapi tidak di tempat yang sempit dan terpencil. Kenakan sarung tangan kerja dan masker wajah untuk perlindungan. Saat membersihkan intake manifold, anda mungkin juga perlu membersihkan throttle.

  • Langkah 1: Parkir Kendaraan Anda di Tempat Aman
    Pastikan bahwa kendaraan Anda diparkir di area yang berventilasi baik sehingga Anda atau orang lain tidak akan sesak nafas oleh asap knalpot.
  • Langkah 2:  Matikan mesin
    Matikan mesin kemudian lepaskan tabung asupan udara dari throttle.
  • Langkah 3: Bersihkan Throttle
    Bersihkan throttle dengan menyemprotkan Foam Cleaner ke dalam piringan.
  • Langkah 4: Buang Kelebihan Cairan dan Busa
    Ambil kain bersih dan bersihkan pelat throttle serta setiap area yang memiliki kelebihan cairan dan busa.
  • Langkah 5: Pasang Intake Duct
    Pasang kembali saluran intake duct ke dalam throttle.
  • Langkah 6: Lepas Selang Vakum
    Lepaskan selang vakum dari intake manifold.
  • Langkah 7: Nyalakan Mesin
    Mulai nyalakan mesin dan biarkan dalam posisi idle.
  • Langkah 8: Semprotkan Sekaleng Intake Cleaner
    Saat mobil sedang dalam keadaan Fast Idle, semprotkan setengah sekaleng intake cleaner ke dalam garis vakum.
  • Langkah 9:  Biarkan Busa Bekerja
    Matikan mesin kemudian biarkan busa masuk ke dan mengalir selama kurang lebih sekitar lima menit.
  • Langkah 10: Pasang Kembali Selang Vakum
    Pasang kembali selang vakum ke intake manifold.

Dalam kebanyakan kasus, anda mungkin juga perlu membersihkan piston setelah membersihkan throttle dan intake manifold. Jika anda memilih untuk melakukannya, pastikan untuk menutup dan melepas busi agar tidak basah.

Catatan

Langkah-langkah di atas dimaksudkan untuk para profesional atau mereka yang memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang mobil. Jangan mencoba untuk melakukannya jika anda tidak begitu memahami bagian-bagian mobil. Karena jika tidak dilakukan dengan benar, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada mobil Anda .

Kesimpulan

Intake Manifold dalam Kondisi Parah
Intake Manifold dalam Kondisi Parah

Kami ingin sekali mendengar pendapat Anda tentang artikel ini. Jika Anda memiliki beberapa kiat tambahan dan jika Anda telah mencoba ini, silakan berbagi pengalaman anda dengan kami. Kami selalu senang mendengar anda dalam mengatasi berbagai masalah mobil anda. Jangan ragu untuk membagikan umpan balik anda di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Silakan bagikan artikel ini dengan teman-teman Anda dan penggemar mobil lainnya. Jika Anda memiliki saran atau pertanyaan tentang masalah mobil, silakan kirim pesan kepada kami, dan kami ingin memberikan jawabannya untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *