Masalah AC Mobil Dan Solusinya - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Masalah AC Mobil Dan Solusinya

Sebagai salah satu pengendara kendaraan roda empat, kenyamanan saat mengendarai menjadi prioritas utama. Selain masalah mesin, handling dan sebagainya ada satu komponen penting di dalam mobil yang mampu menambah kenyamanan ketika anda sedang berkendara. Komponen tersebut tidak lain adalah sistem pendingin atau AC mobil. AC mobil membantu mendapatkan udara yang sejuk dan segar ketika anda berkendara pada saat cuaca yang panas dengan kondisi jalan yang juga panas serta berdebu. Tentunya anda dapat membayangkan jika seandainya anda dalam kondisi seperti itu sistem pendingin atau AC tersebut tiba – tiba tidak bekerja. Hawa panas akan memenuhi kabin mobil dan mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

perawatan-ac-mobil-untuk-kesehatan-keluarga

Memang AC adalah satu komponen mobil dan tidak mungkin luput dari kerusakan. Namun meakukan perawatan serta mengetahui komponen AC dapat membantu menjaga kinerja AC serta membuat AC lebih awet. Jika kerusakan AC dideteksi lebih dini, maka kerusakan tidak akan menyebar dan membuat biaya perbaikan lebih terjangkau. Dengan begitu anda tidak akan kaget dengan biaya perbaikan AC yang membengkak karena ada beberapa komponen yang harus diganti. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa kerusakan pada AC dan cara mengatasinya agar anda untuk anda manfaatkan dalam merawat AC mobil anda. berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada AC mobil.

  1. Salah satu keluhan terbanyak dari pengendara adalah AC mobil kurang dingin atau lebih cenderung panas. Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah ini. Mungkin saja kerusakan terjadi pada skring, evaporator, magnetic clutch, kompresor atau receiver dryer. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mengecek masalah pada AC antersebut yakni :
  • Memeriksa kondisi skring
  • Memeriksa tekanan refrigerant atau Freon. Apakah terjadi kebocoran atau tidak.
  • Memeriksa kompresor AC mobil. Pastikan anda mengganti oli kompresor tersebut setiap 20.000 km atau satu tahun sekali.
  • Membersihkan evaporator dari debu dan beberapa kotoran yang mungkin menempel pada kisi – kisi evaporator. Kotoran ini biasanya terbawa masuk oleh blower dari dalam kabin mobil. Oleh karena itu jagalah kebersihan kabin serta anda dapat memasang filter kabin.
  • Periksa kondisi magnetic clutch. Biasanya kerusakan AC terjadi juga karena kondisi magnetic clutch yang telah berkarat atau terbakar.
  • Periksa filter dryer anda. jika memang sudah tersumbat anda harus menggantinya dengan yang baru.
  1. Selanjutnya masalah yang sering terjadi adalah AC mengeluarkan bau. Hal ini bukan terjadi karena sistem AC mobil anda rusak. melainkan karena ada beberapa bakteri serta kotoran yang menempel pada kolong AC serta evaporator AC mobil. Untuk menghindari hal ini terjadi, jaga kebersihan kabin mobil anda dan membuang semua sampah makanan. Selain itu anda dapat memasang filter kabin untuk mencegah kotoran tersedot oleh blower dan menempel pada evaporator.

 

  1. AC mobil mengeluarkan bunyi juga merupakan masalah yang kerap ditemui oleh para pengendara. Penyebab bunyi tersebut cukup banyak yakni baut pengikat kompresor pada braket kendur bahkan rusak. selain itu ada beberapa komponen yang aus. Di sinilah letak pentingnya anda mengganti oli kompresor secara teratur.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada AC mobil. Jika anda mengalami masalah pada AC mobil anda, anda dapat mempercayakan perawatan serta perbaikan AC mobil anda pada kami. kami adalah specialist Service AC Mobil, Dokter Mobil yang terletak di Kelapa Gading Jakarta Utara dan telah berpengalaman dalam mengatasi segala jenis kerusakan pada AC mobil anda.”

Tags: , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: