Kompressor AC Mobil Bunyi Berisik - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Kompressor AC Mobil Bunyi Berisik

Salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan oleh para pengendara mobil pada AC mereka adalah kompresor AC yang berbunyi berisik atau bocor. Memang wajar jika AC mobil rusak karena AC mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sudah pasti memiliki batas waktu pemakaian. Untuk mencegahnya secara total merupakan suatu hal yang tidak mungkin, namun untuk memperpanjang jangka waktu pemakaian dari AC mobil anda adalah hal yang sangat mungkin. Maksutnya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin dan benar maka AC mobil anda akan lebih awet serta bekerja secara maksimal. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah AC cepat rusak dan memiliki masalah seperti kompresor AC berbunyi, berisik dan bocor.

bengkel-mobil-terbaik

Sebagai salah satu salah satu specialist perbaikan AC mobil, Dokter mobil akan memberikan beberapa tips merawat kompresor AC mobil yang bunyi, berisik dan bocor. hal pertama yang harus anda ketahui adalah berbagai penyebab kerusakan pada kompresor AC yang dapat menyebabkan kompresor berbunyi, berisik maupun bocor. beberapa hal yang harus anda perhatikan :

  1. Oli kompresor

Oli kompresor adalah cairan yang berguna sebagai pelumas agar kompresor tidak cepat panas dan mengurangi gesekan pada bagian tertentu. Jika kompresor AC mobil anda kekurangan bahkan kehabisan oli maka kerja kompresor AC akan lebih berat dan menjadi salah satu penyebab kompresor AC berbunyi. Penyebabnya adalah kesalahan dalam pengisian oli kompresor maupun terjadi kebocoran di dalam kompresor. Kebocoran ini biasa terjadi pada seal atau pipa yang dapat menyebabkan oli dan Freon berkurang bahkan habis.

         2. Piston/ silinder yang telah AUS

Masalah ini terjadi pada mobil yang sudah tua atau mobil dengan perawatan AC yang kurang. Piston atau silinder yang telah aus merupakan salah satu penyebab AC yang berbunyi berisik. Jika masalah ini terjadi maka sebaiknya anda mengganti kompresor AC dengan yang baru.

         3. Trush bearing longgar

Saat membongkar kompresor AC mobil, maka pastikan pemasangannya denga benar. Biasanya pemasangan yang kurang benar menyebabkan trush bearing menjadi longgar sehingga menimbulkan bunyi pada kompresor. Hal ini terjadi karena saat kompresor berputar bersamaan dengan mesin maka putarannya tidal stabil dan menimbulkan bunyi berisik tadi.

           4. AS tidak presisi

Pada AC type ND, AS kompresor yang tidak presisi menyebabkan piston bergerak melebihi batas maksimalnya. Jika hal ini terjadi maka akan terjadi benturan pada valve kompresor AC dan akan menyebabkan kompresor AC berbunyi dan berisik.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk merawat AC mobil anda. Tentunya melakukan perawatan secara rutin dan benar merupakan salah satu cara agar AC anda tidak berbunyi, berisik dan bocor. Banyak sekali orang yang tidak peduli dengan perawatan AC mobilnya dan membawanya ke bengkel setelah AC benar rusak. Jika hal ini terjadi, maka dapat dipastkan perbaikan akan menghabiskan dana yang cukup besar. Yang harusmenjadi catatan penting di sini adalah masalah oli pada kompresor AC mobil anda. Para pengendara jarang mengetahui jika oli kompresor harus diganti setelah mencapai jarak 20.000 Km. padahal oli kompresor ini adalah penyebab utama AC yang bunyi, berisik dan bocor. Semoga tips merawat KOMPRESOR AC mobil yang bunyi, berisik dan bocor tadi dapat berguna bagi anda dalam merawat AC mobil kesayangan anda.

Tags: , , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: