Jarum Temperatur Berayun Dan Naik - Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Jarum Temperatur Berayun Dan Naik

 

manfaat-service-ac-mobil-secara-berkala

Pertanyaan : 

Saya ingin mendapatkan analisa dan solusi dari anda sehubungan dengan permsalah pada jarum temperatur di panel instumem dashboard naik di atas batas normal dan jarummnya berayun ayun naik dan kemudian turun lagi ke batas normal ..

Dari hasil pengecekan ditemukan air radiator di tangki penamapungan tidak berkurang, thermostat berfungsi dengan baik pimpa air berfugdi baik, kipas radiator jga masih cukup kencang oli mesin dalam batas normal, tidak ada tanda kebocran air pada selang mauun radiator suhu ac mobil tetap dingin ..

Dari pengalaman sebelumnya (mobil lain), kalau jarum temperature naik akan cenderung terus naik untuk mencapai batas maksimum dan tidak akan turun selama mesin masih menyala dan air di radiator akan terkuras drastis

Pertanyaan, apakah ini hanya karena kerusakan pada fungsi jarum temperature atau ada masalah lain yang beum diketahui ..

JAWABAN :

Dari pengamalan saya, ada dua kemungkinan yang pertama, jumlah putaran motor listirk kipas pendingin radiator yang dari stabil, hal ini perlu diperiksa berapa rpm motor tsb, apakah masih stadar? Bengkel yang menyukai data tsb bisa memberikan konfirmasi nya ..

 

Yang kedua, sensor panas yang menghidupkan motor kipas pendinginĂ‚ tersebut terlambat memberi sinyal agar motor hidup atau aliran listrik ke motor yang tidak stabil. Jadi ini berkaitan dengan jaringan kelistrikan ..

 

Sekarang pertanyaannya, kenapa sampai sensor terlambat memberi instruksi agar motor hidup ?

 

Kotoran yang menumpuk pada sensor bisa membuat peranti tsb tidak lagi terhadap temperature mesin, jika demikian, kapan terakhir kali menguras radiator ?

Jika tumpukan kotoran sudah menebal, anda perlu memakai radiataor flush untuk membersihkan system air raditaor

Penyebab lain, bisa jadi karena sensornya sudah mulai rusak, akhirnya pada temperature tertentu, motor kipas terlambat beroperasi untuk menurunkan suhu air radiator

Kemungkinan lain, sensor sudah menghidupkan motor kipas pendingin, tetapu arus listriknya tidak stabil sehingga jumlah putaran kipas tidak cukup untuk menstabilakan atau menjaga agar air radiator tetap pada suhu tertentu

Jarang terjadi panel penunjunk temperatur rusak, oleh karena itu, pastikan dulu kipas hidup pada suhu yang sudah ditentkan, jumlah putaran mobil listik dan jumlah putaran sesuai standar ..”

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags: , , , , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *