Fungsi Volt Stabilizer Pada Mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Fungsi Volt Stabilizer Pada Mobil

Gambar-JSOneBanyak orang berikir bahwa jika mobilnya baru maka system kelistrikan mobil tersebut juga baik. Atau jika mobil dirawat dengan baik, maka sistem kelistrikan juga ikut baik. Hal tersebut memang tidak salah, namun seiring berjalannya waktu maka system kelistrikan yang tadinya baik kelamaan akan mengalami beberapa masalah yang mungkin terjadi. Usia pakai beberapa komponen system kelistrikan akan mulai using dimakan usia serta body mobil yang teroksidasi secara tak kasat mata juga merupakan actor yang dapat menyebabkan system kelistrikan mulai bermasalah. Apalagi ada beberapa aksesoris tambahan sehingga membutuhkan asupan listrik yang lebih sehingga aki akan memiliki kerja lebih berat serta terbebani.

Product JS One

Seiring berjalannya waktu, system kelistrikan yang tadinya baik mulai memiliki berbagai masalah yang dapat menyusahkan anda. Biasanya hal ini terjadi karena ada ketidak stabilan aliran listrik dari aki menuju bagian yang membutuhkan asupan listrik tersebut. Dalam kesempatan kali ini, Dokter Mobil akan menjelaskan mengenai fungsi volt stabilizer pada mobil sehingga anda dapat mengatasi masalah kelistrikan tersebut. System kelistrikan yang tidak stabil dapat menyebabkan berbagai masalah pada mobil anda seperti lampu tidak terang, AC tidak dingin dan berbagai masalah kelistrikan lainnya. Oleh karena itu, perlu ditambahkan sebuah alat yakni volt stabilizer yang mampu menstabilkan system kelistrikan pada mobil kesayangan anda.

Volt stabilizer merupakan sebuah rangkaian yang berfungsi sebagai peredam noise voltage, dimana setiap kelompok besaran pada capasitor meredam noise yang berbeda – beda. Sehingga pada umumnya digunakan beberapa noise dengan ukuran yang berbeda pula. Semakin kecil nilai dari sebuah capacitance, maka akan semakin tinggi pula requency yang dapat diredam dari system kelistrikan pada mobil anda dengan memasang volt stabilizer. Noise pada voltage tersebut dapat mucul melalui alternator atau generator serta system pengapian seperti CDI dan sebagainya. Untuk menjaga kualitas kelistrikan tersebut, beberapa komponen tadi menjadi salah satu perhatian khusus. Di sini lah letak kegunaan volt stabilizer yang membantu menstabilkan listrik pada system tersebut dan membuat kualitas listrik menjadi lebih baik.

Beberapa manfaat Volt Stabilizer

  1. Menstabilkan arus listrik
  2. Membuat usia pakai aki menjadi lebih lama
  3. Akselarasi meningkat karena system pengapian mendapat suplai listrik yang baik
  4. Pembakaran lebih sempurna
  5. Mengatasi masalah storing pada audio.
  6. Lampu semakin terang
  7. Komponen yang membutuhkan listrik seperti sensor dan ECU akan lebih awet karena mendapat pasokan listrik yang stabil
  8. AC bekerja maksimal
  9. Starter lebih mudah dan lain sebagainya

Itulah beberapa manaat jika anda mengaplikasikan volt stabilizer pada system kelistrikan anda. Untuk memasangnya sendiri sebenarnya cukup mudah. Hanya memasang skun kabel sesuai dengan kutubnya yakni kabel merah pada pole positive dan pole negative dengan kabel hitam. Pada mobil dengan system yang menggunakan injeksi sebenarnya sudah ada volt stabilizer, namun anda tetap dapat menggunakan volt stabilizer pada aki anda. Harga volt stabilizer cukup bervariasi, dari yang berharga 300ribuan hingga yang menembus satu juta rupiah tergantung merk dan kualitasnya. ada baiknya anda mengaplikasikan volt stabilizer pada kelistrikan mobil anda untuk membantu menjaga performa mesin serta aksesoris yang membutuhkan listrik agar lebih awet. Itulah sedikit mengenai fungsi volt stabilizer pada mobil, semoga dapat menambah wawasan anda sehingga anda dapat merawat mobil anda dengan baik.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags: , , , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *