Fungsi Oil Cooler pada Mobil Bensin dan Solar - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Fungsi Oil Cooler pada Mobil Bensin dan Solar

55304-pasang-oil-cooler-untuk-mesin-mobil-penting-jika-sudah-upggradeBagi sebagian pengendara mobil, mesin yang panas menjadi masalah tersendiri. Namun hal ini telah teratasi dengan adanya radiator pada mobil tersebut. Namun pernahkan anda mendengar oil cooler? Mungkin sebagaian orang kurang mengetahui tentang oil cooler. Sama dengan radiator oil cooler juga berfungsi sebagai pendingin. Lalu apakah yang membedakan radiator dengan oil cooler? Jika radiator membantu mendinginkan mesin dengan mengalirkan cairan khusus pada dinding silinder maka oil cooler berguna untuk mendinginkan oli yang berada di dalam silinder dan secara tidak langsung juga mendinginkan piston tersebut. Oil cooler bertujuan untuk membuat suhu oli tetap stabil guna menjaga sistem pelumasan tetap maksimal sehingga tidak mempengaruhi peforma mesin anda.

Oil Cooler

Terkadang orang masih merasa bingung mengenai perbedaan antara radiator dengan oil cooler. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini Dokter Mobil akan sedikit menjelaskan mengenai fungsi oil cooler pada mobil bensin dan diesel. Telah dijelaskan di atas jika oil cooler berfungsi untuk menurunkan suhu pelumas atau oli mesin setelah melumasi komponen internal mesin mobil anda. Sistem pendingin pada oli tersebut pada mulawanya hanya diaplikasikan pada mobil balap dengan tujuan untuk menjaga kualitas pelumas tidak menurun saat mobil dipacu dalam jangka waktu yang lama. Namun saat ini, oil cooler telah digunakan pada mobil sehari – hari atau mobil keluarga. Dengan mengaplikasikan oil cooler pada mobil anda, anda dapat menghindari suhu pelumas yang terlalu panas sehingga mempengaruhi peforma mesin anda. Jadi tidak ada salahnya anda mengaplikasikan oil cooler pada mobil anda.

Meskipun ada beberapa orang berpendapat bahwa pemasangan oil cooler pada mobil zaman sekarang dianggap tidak terlalu penting, namun ada baiknya anda tetap mengaplikasikan oil cooler tersebut. Kebanyakan orang menganggap oli atau pelumas zaman sekarang telah dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memepertahankan kekentalan oli pada saat mobil dipacu pada suhu yang tinggi. Mereka juga beranggapan bahwa penggantian oli secara teratur adalah perawatan terbaik pada mobilnya. Hal tersebut memang sepenuhnya benar, kecuali oil cooler tidak penting bagi mobil zaman sekarang. kita tidak pernah tahu kapan kita akan menghadapi jalanan yang macet pada cuaca yang benar  panas. Jadi oil cooler cukup banyak membantu dalam mengatasi suhu mesin karena oil cooler mampu mendinginkan serta menjaga suhu oli tetap stabil. Oil cooler bekerja dengan cara masuk kedalam celah antara piston dan dinding silinder sehingga secara otomatis ikut mendinginkan piston tersebut.

Pada mobil dengan mesin diesel, pada umumnya menggunakan oil cooler yang sejenis dengan pendingin air. Penempatan oil cooler pada mobil mesin diesel tergantung dengan tipe mesin yang digunakan, yakni dapat ditempatkan di depan mesin, samping mesin ataupun di bawah radiator. Cara kerja oil cooler pada mesin diesel berkaitan dengan sirkulasi oli tersebut. Pelumas yang dipompa oleh oli pump lalu bersirkulasi melalui oil filter, oil pan serta oil cooler. Pelumas tadi kemudian didinginkan oleh air pendingin mesin yang berada disekelilingnya selama mengalir di dalam inti saluran minyak pelumas pada oil cooler. Dengan melihat manfaat oil cooler tersebut tentunya tidak ada salahnya anda memasang oil cooler pada mobil anda karena tidak ada ruginya jika anda memasang oil cooler tersebut. Semoga artikel tentang fungsi oil cooler pada mobil bensin dan diesel tersebut berguna bagi anda.

Tags: , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: