Fungsi Evaporator AC Mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Fungsi Evaporator AC Mobil

Evaporator atau biasa disebut Cooling unit adalah salah satu Komponen AC Mobil yang paling penting. Di dalam evaporator terjadi pengkabutan pada ekspansi valve atau katup ekspansi yang kemudian disalurkan ke dalam evaporator dalam bentuk udara dingin pada sisi evaporator. Hembusan angin pada blower akan melewati  kisi evaporator dan akan membawa udara dingin yang menyejukan kabin mobil anda. Blower di sini berfungsi sebagai alat yang memastikan sirkulasi udara di dalam kabin mobil melewati evaporator yang dingin saat AC dihidupkan. Sebagai komponen yang cukup penting, tentunya anda harus tahu mengenai fungsi evaporator pada AC anda sehingga anda akan mengetahui jika ada sesuatu yang tidak beres pada mobil anda.

376714064_857

Secara mudah dapat dipahami jika evaporator bertugas untuk mengeluarkan hawa sejuk di dalam kabin mobil. Prinsip kerjanya sendiri seperti kulkas. Jika penjelasan di atas terlalu rumit, sederhananya adalah evaporator menyerap hawa panas dan kemudian mengeluarkannya dalam bentuk udara dingin. Hal ini kebalikan pada proses kondensor yang menyerap udara dingin dan mengeluarkan udara panas. Jumlah udara panas yang diserap oleh evaporator harus sama dengan udara dingin yang diserap kondensor. Jika keseimbangan ini terganggu maka System Kerja AC Mobil anda terganggu. Dengan fungsinya yang sangat penting maka evaporator harus dibersihkan secara rutin. Pada umumnya, evaporator harus dibersihkan setelah pemakaian satu tahu atau 20.000 km dan mengganti filter dryer.

Fungsi pembersihan pada evaporator antara lain untuk mempertahankan kinerja AC dan membuat evaporator lebih awet. Jika jarang dibersihkan maka kisi – kisi evaporator kemungkinan besar tersumbat sehingga akan mengganggu hembusan angin blower dan AC tidak akan dingin karena evaporator tidak dapat bekerja secara maksimal. Selain hembusan angin yang kurang, evaporator yang kotor akan menyebabkan beberapa masalah lainnya. beberapa masalah yang mungkin terjadi jika evaporator kotor adalah :

baca juga : Tips Merawat Ac Mobil

 

  1. AC panas dan tidak dingin

Telah dijelaskan di atas bahwa evaporator adalah salah satu komponen yang berguna merubah udara panas menjadi udara dingin melalui kisinya. Jika evaporator kotor, maka proses kondensasi akan terganggu dan menyebabkan AC panas atau tidak dingin.

2. AC mengeluarkan bau

Saat anda mencium bau yang tidak sedap pada system AC anda, itu terjadi bukan karena ada yang rusak dengan system pendingin mobil anda. hal ini berkaitan dengan evaporator yang kotor. Saat ada kotoran bahkan hewan kecil yang tersedot masuk oleh blower dan menempel pada evaporator, maka kotoran tersebut akan membusuk dan menimbulkan bau. Alhasil saat AC dinyalakan, bau tersebut ikut dihembuskan oleh blower dan membuat anda tidak nyaman mengemudi.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Artikel Lainnya : Bengkel AC Mobil Tanpa Bongkar

Tags: , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *