Fungsi Dryer AC Mobil - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Fungsi Dryer AC Mobil

System pendingin pada sebuah mobil merupakan salah satu kebutuhan poko pada setiap mobil. Anda tentu dapat membayangkan sendiri bagaimana tidak nyamannya saat berkendara pada cuaca yang cukup terik apalagi saat berada dalam kemacetan dan AC mobil anda tidak berfungsi.

1-4

Fungsi utama Ac mobil adalah untuk memberikan udara yang sejuk pada sebuah mobil selain sebagai alat untuk mensirkulasi udara pada kabin mobil. System kerja AC mobil hampir sama dengan sebuah kulkas yakni mengganti udara panas di dalam kabin mobil dan menggantinya dengan udara yang dingin dan sejuk. Hal ini dapat terjadi dengan cara mensirkulasikan refrigerant yakni Freon pada system AC mobil yang merupakan sirkulasi tertutup ketika menyalakan AC mobil.

Salah satu komponen yang cukup penting dalam system AC mobil adalah receiver drayer atau yang lebih dikenal dengan dryer/ filter. Dryer berfungsi untuk menyerap kotoran serta air yang mungkin terserap saat terjadi sirkulasi refrigerant pada AC mobil. Ada dua komponen penting dalam receiver dryer yakni dryer (pengering) dan filter. Komponen dalam receiver dryer yaitu :

  • Filter
  • Desiccant
  • Sight glass
  • Fusible plug

Cara kerja komponen di atas akan dijelaskan sebagai berikut :

  1. Filter pada receiver dryer berungsi untuk menyaring kotoran yang mungkin ikut bersikulasi bersama refrigerant atau Freon. Dengan adanya filter tersebut, berguna untuk menjaga kebersihan receiver dryer karena jika tidak ada filter maka kotoran akan masuk dan menyebabkan karatan pada komponen pada system AC mobil.
  2. Setelah melalui filter refrigerant akan dikonstruksikan ke dalam tabung silinder yang mengandung silica gel atau desiccant yang berfungsi untuk menyerap uap air pada zat refrigerant. Dengan begitu refrigerant dapat mencegah terjadinya pembekuan kotoran di dalam katup ekspansi serta evaporator. Kotoran yang membeku tersebut dapat menggangu aliran zat refrigerant pada saat bersikulasi.
  3. Untuk mobil buatan tahun 2000 rata – rata masih dilengkapi dengan kaca pengontrol atau sight glas pada bagian atas dryer. Sight glas tersebut berfungsi untuk mengontrol peredaran zat pendingin pada system AC mobil. Namun pada mobil keluaran tahun 2003 ke atas seperti honda jazz, grand livina, inova, avanza dan sebagainya sudah tidak menggunakan sight glass pada bagian atas dryer melainkan letaknya terpisah pada pipa dengan ukuran 3/8.
  4. Selanjutnya adalah fusible plug yang berfungsi sebagai alat pengaman. Di dalam fusible plug tersebut terdapat timah yang akan meleleh jika system AC seperti kondensor , Pipa yang tersumbat atau terjadi kelebihan beban yang dapat merusak komponen AC mobil. Saat terjadi situasi tersebut, maka solderan khusus yang terdapat pada fusible plug akan meleleh dan zat refrigerant atau Freon akan keluar sehingga mengurangi tekanan pada system AC. Biasabya timah tersebut akan meleleh pada suhu 95 hingga 100 derajat celcius.

Setelah membaca beberapa ulasan mengenai fungsi dryer di atas, tentunya sekarang sedikit banyak anda telah mengerti kegunaan dari receiver dryer tersebut. Sebagai salah satu komponen yang cukup penting pada system AC mobil, alangkah baiknya anda memperhatikan receiver dryer tersebut. Anda dapat mempercayakan perawatan serta perbaikan system pendingin AC mobil anda pada Dokter Mobil yang terletak di Kelpa Gading Jakarta Utara dan merupakan specialist service AC mobil yang telah berpengalaman dalam memperbaiki serta merawat segala jenis AC mobil.

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags: , , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *