Hal Sederhana Cara Merawat Spare Parts AC Mobil Biar Tahan Lama - Dokter Mobil
 
Posted by admin AC

Hal Sederhana Cara Merawat Spare Parts AC Mobil Biar Tahan Lama

Cara Merawat Spare Parts AC Mobil

 

Hal Sederhana Cara Merawat Spare Parts AC Mobil Biar Tahan Lama

Anda tentu tidak ingin ac mobil anda maupun spare partnya rusak. Sebenarnya menjaga agar ac mobil anda awet dan tidak mudah rusak sangatlah mudah dan murah, cukup lakukan 10 hal sederhana berikut ini :

  • Tidak merokok di dalam mobil

Jangan pernah merokok di dalam mobil yang AC nya sedang menyala. Kotoran dari asap rokok akan mengendap di evaporator dan menyebabkan evaporator AC mobil anda mengalami kerusakan.

  • Memarkirkan mobil di tempat teduh

Dengan memarkirkan mobil di tempat panas, kabin akan lebih panas sehingga spare part AC akan menggunakan tenaga yang lebih besar untuk menghasilkan udara dingin. Seringnya penggunaan tenaga yang lebih besar akan menyebabkan spare part mobil lebih cepat rusak.

  • Rajin membersihkan kabin, filter kabin, kondensor, dan celah-celah pada blower AC

Kotoran adalah sumber utama penyebab kerusakan AC mobil. Kotoran akan menyumbat saluran gas freon yang akan mengganggu kerja AC mobil anda. Dengan membersihkan kotoran tersebut, AC akan lebih tahan lama.

  • Tidak membiasakan membuka kaca mobil ketika AC mobil menyala

Alasan utamanya adalah, ketika anda membuka kaca mobil akan beresiko ada debu dan kotoran yang masuk ke dalam mobil dan menempel di kabin.

  • Tidak membiasakan menaruh pengharum di dekat AC mobil anda

Pengharum mobil mengandung ALC/minyak yang bersifat asam dan dapat mengendap di evaporator dan menyebabkan evaporator mengeluarkan bau asam, tumbuh jamur, dan menyumbat evaporator

  • Gunakan selalu AC mobil anda minimal seminggu sekali

Tujuannya adalah agar sirkulasi freon tidak mengendap di coiling coil/evaporator. Pengendapan freon akan menyebabkan evaporator keropos dan cepat bocor. Jika sudah bocor, mau tidak mau anda harus ganti evaporator bukan ?

Minimal dalam seminggu anda harus menyalakan sekali AC mobil anda (walaupun mobil tidak anda gunakan)

  • Mematikan AC lebih dahulu daripada mematikan mesin mobil

Tujuannya sederhana, agar kita tidak lupa mematikan AC. Jika kita sampai lupa, penggunaan terus menerus akan merusak AC mobil itu sendiri.

Selain itu, jika kita menghidupkan mesin mobil yang AC mobilnya sedang menyala akan menyebabkan hentakan pada kopling sehingga dapat merusak komponen AC mobil anda.

  • Rajin Mengistirahatkan AC mobil dalam perjalanan jauh

Sering kali kita menghidupkan AC mobil kita sepanjang perjalanan. Hal ini tentu memberi beban yang sangat besar bagi komponen AC. Sebaiknya matikan AC mobil 5 menit setiap 1 jam. Tujuannya agar AC mobil tidak mengalami over work ataupun pembekuan di saluran AC yang menyebabkan penyumbatan.

  • Gunakan spare part original

Spare part kw atau palsu memiliki kualitas yang buruk sehingga cepat rusak. Spare part yang rusak akan menyebabkan spare part lainnya harus bekerja dengan lebih berat atau bahkan tidak dengan semestinya sehingga akan menyebabkan spare part tersebut lebih cepat rusak karena aus, korosi, ataupun terbakar.

  • Melakukan service ac berkala di bengkel yang ahli menangani AC mobil

Pada akhirnya, ac dapat menjadi awet dengan diberi perawatan rutin. Dengan dibawa ke bengkel untuk service berkala, ac mobil akan mendapat maintenance sehingga kembali dalam kondisi prima seperti layaknya kondisi baru.

Untuk bengkel AC mobil yang menyediakan service dengan spare part berkualitas dan dengan harga bersaing,anda dapat menghubungi bengkel spesialist Ac mobil Dokter Mobil yang berlokasi di :

Dokter Mobil
Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *