Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Dengan Mudah Dan Cepat - Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara Mengganti Oli Mesin Mobil Dengan Mudah Dan Cepat

Mengganti oli merupakan salah satu ritual wajib guna menjaga sekaligus melindungi performa dari suatu mesin, tak luput pula dari oli mesin mobil yang telah digunakan terus menerus akan mengalami penurunan kualitas, sehingga perlu pembaharuan yaitu dengan mengganti yang baru, terlebih cara mengganti oli mesin mobil ini tidak sulit dan relatif cepat.

cara-yang-tepat-dan-benar-mengganti-oli-mobil
Melalui proses yang tidak memakan waktu lama ini memberikan hasil yang sempurna untuk menjaga performa pada mesin mobil pada setiap kali pemakaiannya, adanya penggunaan mobil dalam berkendara yang berbeda-beda ini akan mempengaruhi kinerja dari oli.

Untuk itu pada pengaturan tertentu akan diwajibkan pergantian oli dengan yang baru, tentu saja dalam proses ini bertujuan untuk menjaga mesin mobil sekaligus performanya, tak lupa dengan penggunaan oli yang memang wajib diganti ini telah diatur dalam petunjuk spedometer dalam km tertentu, pada umunya oli mesin mobil dapat bertahan dalam jangka 5000 km namun semua tergantung pada penggunaannya yang pada umumnya telah diatur dalam service.

Proses pergantian oli pada mesin mobil memang berbeda, untuk itulah perlu diketahui adanya pengecekan sekaligus pengawasan terhadap masa tempuh dari km yang telah dilalui. Dengan begitu, penggunaan oli untuk mobil tidak mengalami keterlambatan.

Bila terlambat dan oli telah kering akan berpengaruh kepada performa mesin yang menjadi terganggu. dalam prosesnya Cara Mengganti Oli Mesin Mobil dapat dilakukan dengan mudah, seperti halnya pada beberapa tahap berikut ini:

 

  • Gunakanlah dongkak dan penyangga untuk mengangkat mobil dan pastikan posisi tersebut benar agar memudahkan proses penggantian oli dan tidak merusak mesin mobil.
  • Posisi ini dapat diketahui dari buku petunjuk mobil yang bersangkutan.
  • Lakukanlah pemanasan mobil untuk menjadikan oli yang hangat dan sedikit encer, proses pemanasan mesin dapat dilakukan selama 3 sampai 4 menit kemudian matikan mesin.
  • Buka bak oli yang berda di bagian bawah mesin untuk membuang oli lama, bak ini akan terasa lebih panas daripada bak transmisi, sehingga tidak salah membuka bak oli tersebut.
  • Dalam proses pembukaan ini bisa menggunakan kunci sok yang bekerja berlawanan arah dari jarum jam.
  • Setelah terbuka, pastikan telah menyediakan sebuah wadah untuk menampung oli lama yang akan terbuang, setelah oli tersebut terbuang sampai bersih, lalu bagian dalamnya, yakni saringan oli.
  • Dimana pada bagian tersebut perlu dibersihkan pula bahkan perlu diganti, dalam proses penggantian saringan ini, ambil saringan lama dan saringan baru bisa dipasang.
  • Kemudian menutup kembali bak oli dengan erat.
  • Bukalah penutup oli pada mesin dan tuangkan oli baru.
  • Tutup dan kini oli mobil telah diperbarui.

 

Dalam proses tersebut sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga performa mesin mobil agar bertahan dengan sempurna. Perawatan ini rutin dilaksanakan sehingga kesehatan mesin tersebut lebih terjaga dengan baik.

Untuk itu diperlukan adanya pembaharuan oli lama dengan oli baru yang selanjutnya diikuti dengan proses pembersihan wadah dan saringannya.

Dalam artian pada saat pergantian oli ini juga diperlukan pembersihan wadah termasuk bagian saringan yang nantinya ada pula proses pergantian saringan tersebut.

Dengan begitu, cara mengganti oli mesin mobil yang lebih sempurna ialah dengan memperhatikan dan membersihkan keseluruhan wadah tersebut.
Hingga setelah semua dalam keadaan bersih terjaga, oli baru siap dituangkan dalam keadaan dimana saringan juga telah bersih sempurna.Hhal ini ditujukan untuk menjadikan oli tetap terjaga dan bekerja dengan baik dalam memaksimalkan performa mesin mobil.”

Tags: , , , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Gratis !!! Dapatkan Treatment Cuci AC & Evaporator GRATIS Mobil tanpa persyaratan apapun.

Silahkan isi form di bawah ini: