Cara mengatasi mobil kurang bertenaga - Dokter Mobil
 
Posted by admin Mesin

Cara mengatasi mobil kurang bertenaga

Cara Mengatasi Mobil Kurang Bertenaga – Kendaraan adalah sebuah alat transportasi yang mengantarkan kita dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari satu tujuan ke tujuan yang lainnya. Lalu, bagaimana jadinya misalnya saja mobil kita terkena masalah yaitu mobil kurang bertenaga, ngelitik, ngebul, dan ngempos.

bengkel-mobil-honda-di-kelapa-gading

Tentunya bagi kita yang tidak mengerti masalah mesin dan segala urusannya yang menyangkut mobil akan kebingungan menangani masalah tersebut, jawaban dan solusinya yang paling tepat adalah memeriksakan dan atau menyerviskannya ke bengkel yang memang sudah ahli dalam bidangnya.

Perhatian yang paling penting, jangan sekali-kali membawa mobil atau kendaraan kita ke bengkel yang tidak jelas atau yang tidak ahli. Hal itu sangat berbahaya karena montir-montir yang berpengalaman dibutuhkan untuk membenahi atau mengobati mobil kita. Oleh karena itu, pastikan mobil kita berada dalam bengkel yang benar, berpengalaman, dan pastinya hasilnya memuaskan.

Berbicara masalah pada mobil memang ada banyak sekali, permasalahan pada mobil bisa terjadi mana kala kita ada sebab-sebab yang mengakibatkan mobil menjadi rusak atau bermasalah. Sebab-sebabnya antara lain yaitu mobil tidak diservis secara berkala atau rutin, mobil sering tidak dipanasi terlebih dahulu saat hendak digunakan, mobil sudah tua, dan sebagainya. Kecuali mobil yang sudah tua, penyebab-penyebab tersebut merupakan biang dari kerusakan dari si mobil.

Memang tidak langsung rusak namun dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan. beberapa orang mengaku sering mengalami keluhan mobil kurang tenaga, ngelitik, ngebul, ngempos.

Mereka bingung kenapa mobilnya sering mengalami hal-hal seperti itu padahal mobilnya masih baru.

Ya, bisa diperkirakan mobilnya tidak diperhatikan dan dirawat secara baik, mobil yang mengalami kurang tenaga dalam bahasa otomotif biasa disebut ngempos. Ngempos secara mudahnya yaitu pedal gas sudah kita injak dengan dalam-dalam, namun tetap saja terasa kosong atau ngempos.

Ngempos sendiri yaitu gejala mesin kendaraan seperti kehilangan tenaga yang bisa disebabkan oleh kekurangan bahan bakar.

Tidak hanya itu saja penyebab ngempos antara lain yaitu kurang padatnya udara yang masuk ke ruang bakar mobil kita. Pada saat perjalanan panjang, udara mendapat banyak hambatan dari filter udara, katup masuk sebelum si udara sampai ruang bakar, dan sebagainya.

Selain ngempos masalah lainnya yang sering terjadi pada mobil adalah mobil ngebul.

Mobil ngebul bisa berbentuk beberapa masalah, salah satunya yang paling sering adalah karena suhu di dalam mesin terlalu panas, masalah yang sering terjadi pada mobil atau kendaraan lainnya pun yaitu terdengar bunyi ngelitik. mobil dapat terdengar bunyi ngelitik karena terdapat kotoran atau kerak di dalam mesin.

Bunyi ngelitik tersebut dapat dihasilkan dari endapan karbon yang lama kelamaan menumpuk dan mengendap di sistem pembakaran sampai ke ruang mesin, hal itu biasa terjadi pada mobil atau kendaraan yang sudah tua atau bahkan kendaraan yang jaring diservis secara rutin.

Tentunya kita tidak ingin terjadi hal-hal seperti itu, bukan? Ada banyak solusi yang biasa ditempuh oleh bengkel-bengkel mobil, seperti menggunakan alat bantu untuk memadatkan dan mempercepat udara yang masuk ke ruang bakar tanpa perlu modifikasi, penggunaan jenis bensin yang tepat pun mempengaruhi kinerja mesin mobil kita.

Nah, untuk mengatasi mobil yang terdengar bunyi ngelitik biasanya dapat dilakukan dengan cara menempuh cara carbon clean. Nah, itulah pembahasan beberapa masalah mobil seperti mobil kurang tenaga, ngelitik, ngebul, ngempos.”

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

About Author

4 Comments

  1. Tama

    Mobil selama 5 hari gak dipakai, pas hari ini mo dipakai mobil sy cucu dulu sampe ke mesin saya siram dan kasih sabun. Kebetulan saya usai cuci kagak dipanasin dulu.pas tadi siang saya mo pke tiba tiba mobil bilang daya tarikaknnya pada gigi 1 ,saya paksain jalan dan gigi 1 ttp kurang tenaga,pindah gigi 2 tetap gak bs lari diatasi 50km/JM. Knpa ya gan kira kira apa ada yg kemasukan air atau komponennya ada yg rusak.mobil padahal keluaran tahun 2016 merk Datsun go + panca.

    • admin

      Ada kemungkinan air merembes masuk ke kabin atau bagian lain di mobil yang akibatnya beragam. Contohnya, terjadi korsleting akibat arus pendek, sistem rem karat dan rusak, dan sebagainya.

      Mesin sendiri, dalam melakukan pembakaran untuk memproduksi tenaga, memerlukan tiga unsur yakni bahan bakar atau bensin, api dan udara yang dimampatkan oleh proses yang disebut kompresi. Artinya, ketiga unsur ini menyatu dalam ruang yang dipadatkan. Ketika terbakar, ketiganya menghasilkan ledakan energi yang mendorong piston. Selanjutnya, piston menggerakkan crank shaft atau kruk as sehingga berputar. Pada proses pembakaran yang sempurna, ketiga unsur ini akan habis bersenyawa dan hanya menyisakan gas buang yang dialirkan ke knalpot

      Masalahnya, di antara unsur dimaksud ternyata terdapat air. Unsur air dalam proses pembakaran, tidak ikut melebur atau bersenyawa. Walhasil, ketika terjadi ledakan akibat pembakaran, air mengisi sebagian dari volume di ruang bekar yang telah dimampatkan itu. Tekanan dari pembakaran yang tadinya sudah dihitung sesuai dengan kebutuhan untuk menekan piston, menjadi berlebih.

  2. anwar soesilo

    maaf mau tanya nih klo mobil injeksi idle up/isc nya bermslh apa pengaruh ke akselerasi nya.mksh

  3. biwo

    Saya punya mobill futura pik up…mobil saya kurang brertaga atau ngempos…sya cek di bagian delco ada yang patah…apa itu bisa mentebabkan kurang bertenaga.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Mohon tunggu..

Subscribe Kami dan Dapatkan Info Menarik Lainnya

Halo, DomoLovers mau terus update mengenai tips & trick unik mengenai mobilmu ? Segera subscribe kami sekarang juga.