5 Cara Mengatasi AC Mobil Bau dengan Mudah dan Efektif - Dokter Mobil
 
Posted by Juan Domo Perawatan Berkala

5 Cara Mengatasi AC Mobil Bau dengan Mudah dan Efektif

Bau pada AC mobil sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Karenanya diperlukan cara mengatasi AC mobil bau dengan cepat, mudah, dan efektif.

Sebelum mempelajari solusi mengatasi masalah AC mobil bau tersebut, penting juga untuk tahu penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian, anda mengetahui bagaimana mencegah kejadian serupa terulang kembali.

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau

Ada begitu banyak penyebab bau di AC mobil. Untuk itu, anda perlu mengetahui jenis bau yang muncul. Adapun beberapa jenis bau yang sering dialami adalah bau freon, bau busuk, bau rokok, asap knalpot, pesing, dan bangkai hewan.

Secara garis besar, bau-bau ini terjadi karena:

  • Adanya kotoran yang masuk ke saluran AC mobil

    Kotoran ini dapat berupa asap rokok, remah makanan, cairan minuman yang tumpah, aroma parfum, dan debu-debu yang masuk ke dalam saluran AC mobil.

  • Evaporator AC mobil yang kotor

    Evaporator bisa kotor, terutama jika anda jarang membersihkannya. Ciri evaporator kotor adalah munculnya bau busuk dari sekitar blower, bahkan ketika AC mobil dalam keadaan mati.

  • Hewan yang masuk ke dalam mobil

    Bau bangkai dapat terjadi karena ada bangkai hewan di sekitar saluran AC mobil. Bau pesingpun bisa terjadi karena ada urin hewan (seperti tikus, ataupun kucing dan anjing) di dalam mobil.

Selain sebab-sebab di atas, masih cukup banyak penyebab lain dari AC mobil bau ini. Beberapa di antaranya seperti adanya kabel yang korslet (terbakar), kebocoran saluran pembuangan (knalpot) mobil, freon AC mobil yang tercemar atau berkualitas jelek, oli kompresor yang sudah jelek, dan lain-lain.

Untuk itu, jika anda merasakan ada bau keluar dari blower AC mobil anda, segera check seluruh komponen mobil untuk memastikan anda mendapatkan langkah penanganan yang cepat dan tepat.

Cara Mengatasi AC Mobil Bau yang Paling Efektif

Ada beberapa solusi terbaik untuk mengatasi bau dari AC mobil. Nah, beberapa solusi yang paling efektif biasanya hanyalah 5 saja. Solusi tersebut adalah mencuci AC mobil (termasuk cuci evaporator dan ganti filter AC), flushing AC mobil, melakukan fogging bau, dan mengganti beberapa komponen yang rusak.

Cuci AC Mobil
Langkah pertama untuk menghilangkan bau pada AC mobil adalah dengan mencuci AC mobil anda. Cuci AC ini bisa dilakukan dengan membersihkan kotoran di sekitar dashboard, membersihkan kotoran yang menempel di dinding kompresor AC, evaporator, dan berbagai bagian lain AC mobil.

Pastikan juga anda membersihkan bagian mobil yang kerap kotor seperti filter AC, kipas AC mobil, dan kipas AC mobil.

Flushing
Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan flushing. Fungsinya adalah untuk membersihkan kompresor AC dari oli yang sudah kotor dan tak layak pakai, membersihkan kompresor dari kotoran yang masuk ke dalam kompresor, serta mengganti freon AC mobil yang kotor.

Flushing merupakan cara wajib untuk memastikan kebersihan dan bebas bau AC mobil. Selain itu, flushing merupakan langkap paling efektif mengatasi masalah AC mobil ngorok dan AC mobil tidak dingin.

Fogging
Langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah fogging untuk menghilangkan bau. Dengan fogging, tidak hanya bau yang hilang, namun juga kuman, bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit.

Itulah beberapa cara mengatasi AC mobil bau yang bisa menjadi solusi terbaik untuk masalah anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *