AC Mobil Tidak Dingin - Dokter Mobil
 

AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Memperbaikinya

Halo Otto Lovers, apa anda baru 1-2 tahun membeli mobil namun sudah mengalami masalah AC mobil tidak dingin / kurang dingin? Sudah tahu sebab & solusinya ?

Kali ini Dokter Mobil Cibubur akan menjelaskan beberapa Faktor / Penyebab AC yang Kurang Dingin .

1. Oli Kompresor

Benar Sekali.. ini adalah salah satu faktor yang paling penting yang menyebabkan AC mobil tidak dingin ataupun kurang dingin !!
Kenapa paling penting ? Karena jika anda tidak sering mengganti Oli Kompresor setiap setahun sekali, akan menyebabkan Beberapa Kerusakan Part yang menyebabkan bukan hanya masalah AC mobil tidak dingin, namun juga masalah lainnya seperti AC mobil bau, dan bagian mobil lainnya bermasalah.

Ingat !! Ketika kompresor AC anda rusak, bukan hanya 1 Part saja yang perlu anda ganti !! Bisa bisa seluruh komponen kompresor AC perlu diganti. Dan hal ini tentu akan membuat kantong anda kering.

Oli kompresor untuk keutuhan kompresor sehingga ac mobil tidak dingin tidak akan terjadi

Kenapa bisa begitu dok ??
Oli kompresor fungsinya untuk melumasi piston dan pulley2 yang berada di dalam kompresor AC.
BAYANGKAN jika Oli tersebut sudah jelek.. dia akan mengikis dan menggesek piston2 dan pulley dalam kompresor AC anda , sehingga menyebabkan adanya GRAM BESI pada oli anda. Nah Oli Bercampur gram2 besi ini akan terus mengikuti jalur system ac yg harus di lewati, seperti Ekspansi, Drier, Kondensor, Evaporator, dan Selang2 AC.

Akibat dari Oli Kompresor Yang Bercampur gram besi ini akan merusak komponen AC mobil dan menyebabkan berbagai masalah seperti :

  • AC mobil tidak dingin
  • AC mobil kurang dingin
  • Kompresor AC jebol dan rusak parah
  • AC mobil berisik

Solusinya terbaik untuk mengatasi masalah AC mobil tidak dingin atau AC mobil kurang dingin ini adalah dengan mencegah terjadinya pembentukan gram-gram besi pada kompresor AC. Oleh sebab itu sangat penting bagi anda untuk secara berkala mengecheck volume dan kualitas oli kompresor.

Namun jika gram besi sudah cukup banyak, maka perlu dilakukan tindakan service berupa flushing untuk mengangkat gram besi tersebut. Untuk kasus yang cukup serius, diperlukan prosedur tambahan berupa bongkar mesin kompresor.

Nah.. untuk itu , Sahabat Dokter Mobil.. kami selalu menyarankan anda untuk mengganti Oli Kompresor Anda Setahun sekali. Kenapa? Karena jika anda tidak menggantinya .. suatu saat terjadi kerusakan part.. anda harus merogoh Kocek jutaan rupiah.. dan tentu saja bukan mengganti 1 part Komponen tertentu saja. Sayang sekali bukan ??

2. Evaporator yang kotor

Kenapa Evaporator yang kotor bisa membuat AC mobil tidak dingin atau mobil anda kurang dingin ??
Nah.. Tahukah anda bahwa tugasnya Evaporator itu untuk mengeluarkan hawa sejuk didalam mobil..
Bisa kah anda bayangkan, bagaimana hawa sejuk itu bisa keluar jika Evaporatornya sendiri kotor atau bahkan tersumbat ?? 

Jika evaporator kotor dan tersumbat maka dapat menyebabkan beberapa masalah, di antaranya adalah :

  • AC mobil kurang dingin karena sebagian hawa dingin tersaring oleh kotoran yang menumpuk di evaporator
  • AC mobil tidak dingin karena hawa dingin tidak bisa melewati evaporator yang tersumbat kotoran
  • AC mobil menjadi bau karena hawa yang keluar akan bercampur bau tidak sedap dari kotoran di evaporator
  • AC mobil membawa penyakit yang berasal dari kuman, bakteri, dan virus di evaporator.

AC Mobil Tidak Dingin akubat Evaporator Kotor Sehingga Hawa Dingin Tidak Berhasil Keluar

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mencuci evaporator AC mobil anda. Beberapa masalah pada evaporator seperti kotor dan berlendir dapat diselesaikan dengan cuci evaporator. Namun untuk kasus evaporator yang bocor sebaiknya ganti evaporator. Juga agar membawa mobil anda ke bengkel untuk mencari tahu ada tidaknya bagian lain mobil yang bermasalah.

3. Overheat

Kenapa bisa Over Heat Dok ?
Jawabannya adalah kemungkinan anda menggunakan Air Coolant yang bukan Air coolant !! 

Maksudnyaaa dok ??
Nah, Seringkali Dokter menemukan bahwa banyak pasien yang menggunakan Coolant yang Kadar Coolant nya itu sedikit. Warnanya coolantnya saja yang bagus, kualitasnya sih payah.

Bahkan ada yang hanya memakai air biasa saja.. anda mungkin bisa menonton Video Kita tentang Pengecekan Air Coolant :

Apa Hubungannya Dengan AC Dok ?
Pertama-tama yang harus anda ketahui.. bahwa Radiator itu selalu berdekatan dengan Kondensor Yang merupakan salah satu Komponen AC .

Apa akibatnya jika Radiator anda terlalu panas dan tidak ada pendinginnya sama sekali ??
Sudah tau donk jawabannya..

Kompresor AC yang berpengaruh besar pada AC Mobil dingin atau AC mobil tidak dingin

Mesin akan mengalami overheating. Jika terus dibiarkan, mesin akan mati mendadak, terbakar, atau bahkan meledak. Mesin yang kepanasan ini akan mempengaruhi freon dan mengakibatkan freon kehilangan daya untuk memberikan hawa dingin.

Solusi terbaik adalah dengan mencegah hal ini terjadi. Biasakan untuk memberikan Coolant terbaik untuk mobil anda. Namun jika masalah overheating sudah dialami oleh mobil anda, anda dapat mengatasinya dengan cara :

  • Mengganti coolant radiator dengan coolant berkualitas lebih baik
  • Memeriksa kondisi fan mobil
  • Mengecheck volume dan kualitas oli mesin dan oli kompresor mobil anda.

4. Freon Yang Berkurang bahkan habis

Nah , Faktor nomor 4 ini sering terjadi kepada anda bukan ?? Apa sih penyebabnya dok ?
Berkurang atau habisnya freon pada AC mobil anda dapat disebabkan kebocoran dalam system AC yang disebabkan hal-hal seperti :

  • Evaporator yang Sudah Keropos
  • Selang Seal Saft pada kompresor ,
  • dan masih banyak lagi.
Kebocoran AC dan Masalah AC Mobil Tidak Dingin pada Kendaraan Anda
Pengecheckan Kebocoran Freon AC Mobil

Solusi untuk mengatasi masalah ini hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mengecheck sumber atau lokasi kebocoran. Jika sudah ditemukan anda dapat memilih untuk menambal kebocoran, atau mengganti part yang bocor tersebut dengan part baru.

5. Magnetic Clutch Rusak

Nah untuk part satu ini , ada 2 faktor yang paling berpengaruh terhadap rusaknya magnetic clutch

a. Usia
Kenapa Usia ? simple saja.. karena namanya Magnet tentu ada usia pakainya… 
Magnet akan kehilangan sifat magnetism nya seiring waktu, atau jika mengalami masalah seperti :

  • terlalu sering terbentur
  • terlalu sering kepanasan

Kerusakan Magnetic Clutch mengakibatkan kompresor AC tidak berfungsi dan AC mobil tidak dingin atau ac mobil mati total

Untuk itu, sebaiknya rajin melakukan pemeriksaan berkala pada seluruh komponen AC mobil anda agar magnetism magnet clucth ini tidak segera hilang.

b. Kompresor yang nyangkut
Loh Kok Bisa Dok ?? Nah.. Karena Kompresornya nyangkut dan tidak bisa berputar, tetapi magnetnya terus berputar.. sehingga menyebabkan magnetnya hangus.

Solusi untuk masalah ini tidak lain adalah dengan mengganti magnetic clucth mobil anda. 

6. Ekstra Fan AC mati

Fungsi Ekstra fan AC dalam Mobil adalah untuk mendinginkan atau membuang panas kondesor AC. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Kerusakan pada Ekstra Fan mobil anda, Kerusakan pada Relay Ekstra fan dan Kehabisan Karbon brush atau komutator pada extra fan anda.

Selain itu, extra fan dapat terganjal sehingga tidak dapat berputar. Pada beberapa kasus juga ada mobil yang extra fan nya meleleh akibat panas mesin mobil sehingga extra fan nya rusak. 

Extra fan pada AC mobil yang rusak sehingga AC mobil tidak dingin

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti extra fan mobil anda. Namun perlu diperhatikan agar mencari tahu penyebab mati atau rusaknya extra fan mobil anda. Ini agar extra fan tidak kembali rusak dan menyebabkan muncul kembalinya masalah AC mobil tidak dingin pada kendaraan anda.

7. Termistor yang rusak

Ketika Evaporator Bersih dan Compresor tidak berhenti bekerja walaupun Dinginnya sudah tercapai. Indikasinya bisa dilihat di pipa jalur Low pada mobil anda biasanya terjadi Frosting.

thermistor suhu AC Mobil

Solusi untuk masalah ini adalah dengan membawa langsung mobil anda ke bengkel untuk melakukan penggantian termistor yang rusak.

8. Drier yang tidak di ganti setelah mengganti Kompresor yang baru

Drier Ini berfungsi sebagai filter dari Freon, dimana jika compressor rusak, maka semua serpihan besi akan terdorong dan tersangkut di drier.. bisa dibayanginkan , apa yang terjadi jika anda membiarkan Drier yang sudah bercampur gram besi ini . tentu saja merusak Kompresor anda yang baru.

Drier AC Mobil

Solusi untuk masalah AC mobil tidak dingin karena drier yang tidak diganti ini tentu adalah dengan mengganti drier dengan yang baru. Juga diharapkan unuk memberihkan gram besi ini sehingga tidak merusak kompresor AC dan menyebabkan masalah AC mobil tidak dingin menjadi masalah lebih serius seperti kompresor AC jebol dan kompresor AC meledak.

9. Ekspansi yang tersumbat

Letak Ekspansi ini berada di evaporator, Fungsinya untuk mengkabutkan Freon, jika ada serpihan besi yang masuk, maka akan menyumbat proses pengkabutan Freon tersebut sehinggi Kedinginan AC anda tidak maksimal.

ekspansi AC

Solusinya adalah dengan mengatasi sumbatan. Caranya dapat dilakukan dengan cuci AC dan cuci evaporator mobil anda. Selain itu disarankan juga untuk melakukan flushing AC.

10. Kondesor yang Rusak.

Kenapa Bisa berpengaruh Dengan Kedinginan AC ??
Kondesor adalah alat penukar kalor atau yang biasa kita sebut dengan Heat Exchange.
Dia Bekerja untuk Mengubah Gas bertekanan tinggi menjadi cairan yang bertekanan tinggi yang kemudian akan dialirkan ke receiver drier dan dilanjutkan ke expansi valve.

Ada beberapa Faktor Kenapa Kondesor anda perlu di ganti, yaitu :

  • Bengkok
    Masalah kondensor bengkok bisa terjadi akibat kecelakaan seperti tabrakan, Dingin tidak akan maksimal karena bengkok yang ada akan menghalangi jalur Freon, Lama Kelamaan KOMPRESOR akan rusak karena beban yang bertambah.
  • Bocor
    Ditandai dengan adanya bekas Oli di bagian luar kondesor.
  • Kompresor JEBOL
    Kompresor yang jebol biasanya selalu mengandung gram2 besi yang masuk ke Lubang yang sangat kecil pada Kondensor, dan biasanya terlalu sulit untuk dibersihkan. Sehingga biasanya part ini selalu di ganti bersamaan dengan Part Part AC yang lain seperti Kompresor,magnetic,drier dan Kondensor..

Kondensor AC Mobil

Jika kerusakan pada kondensor cukup parah, sebaiknya segera mengganti kondensor anda dengan yang baru. Pilihlah kondensor yang sesuai dengan spesifikasi kompresor AC mobil anda.

Solusi lain yang dapat anda pilih adalah dengan membawa kondensor AC yang rusak ke bengkel AC mobil kepercayaan anda untuk diservice.

Otto Lovers, 10 Faktor inilah yang menyebabkan AC anda tidak Dingin..Dan tentu saja masih ada Faktor2 lainnya yang menyebabkan AC Mobil tidak dingin ! Di tunggu yah Artikel kita selanjutnya.

Apapun Mobilnya , Dokter Mobil Bengkelnya.

YUK !! Ke Dokter Mobil, Bengkel Tanpa Bongkar.. Pelopor dan Satu-Satu nya bengkel yang Melakukan Perawatan AC dan TUNAP mesin mobil anda tanpa bongkar.. Dengan Mesin Berkualitas Internasional dan tentunya Dengan Teknisi yang specialist untuk MENYEHATKAN Mobil anda seperti yang dulu.

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai AC Mobil Tidak Dingin ataupun Kurang Dingin, silahkan mengunjungi DOKTER MOBIL ( doktermobil.com )

Best Regard

Dr.Pohien