Ini Alasan AC Mobil Panas dan Bau Asem setelah Tune Up - Dokter Mobil
 
Posted by Roy Ivan AC, bengkel mobil

Ini Alasan AC Mobil Panas dan Bau Asem setelah Tune Up

service AC Mobil panas dan bau asem di Dokter Mobil

AC Mobil Panas dan Bau Asem – Service AC bukanlah hal yang relatif murah. Oleh karenanya adalah hal yang bijak agar AC mobil dijaga dengan baik agar tidak cepat rusak. Namun sayangnya, ada beberapa kebiasaan buruk pengguna mobil yang justru membuat hasil service AC menjadi sia-sia. Ac mobil tiba-tiba mengalami masalah seperti AC mobil panas dan bau asem serta tidak dingin. Jika sudah demikian, bengkellah yang umumnya disalahkan karena dianggap tidak becus dan teliti ketika menservice AC mobil anda.

Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa membuat service AC mobil yang sudah anda lakukan tidak mubazir atau sia-sia. Hal ini penting karena dapat membantu anda untuk :

  • Mengetahui apakah masalah AC mobil tidak dingin serta AC mobil panas dan bau asem yang terjadi murni karena kesalahan anda, ataukah memang karena kualitas service di bengkel tersebut yang memang buruk
  • Dapat mencegah anda melakukan hal-hal merugikan tersebut ( baik itu AC mobil tidak dingin, AC mobil kurang dingin, ataupun AC mobil panas dan bau asem) sehingga AC mobil akan menjadi lebih awet dan menekan pengeluaran service AC anda.
  • Menjadi pribadi yang lebih baik

Adapun kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak AC mobil dan service AC mobil menjadi sia-sia adalah :

  1. Sering memarkirkan mobil di tempat yang terik/panas
    Dengan memarkirkan mobil di tempar terik, kabin akan menjadi panas. Ketika AC mobil menyala saat kabin masih dalam keadaan panas, maka AC mobil akan menggunakan daya yang lebih besar. Hal ini dapat memunculkan masalah AC mobil tidak dingin maupun AC mobil kurang dingin lebih cepat.
  2. Masih merokok di dalam mobil
    Baik dalam keadaan AC mobil menyala, ataupun mati, merokok dalam mobil sangat tidak baik bagi AC mobil anda. Asap dan residunya dapat masuk ke dalam saluran AC dan menggumpal. Hal ini akan menyebabkan evaporator AC menjadi terkorosi dan bocor. Selain itu, asap rokok dapat tercampur dengan freon mobil sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap. Hal ini dapat menyebabkan tidak hanya AC mobil tidak dingin namun juga AC mobil bau asem dan kompresor AC jadi jebol
  3. Meggantung pengharum ruangan di depan blower AC mobil
    Pengharum ruangan mengandung asam dan minyak residu yang dapat menggumpal dan masuk ke dalam saluran AC. Jika itu terjadi, maka efeknya akan sama seperti asap rokok, yakni kebocoran pada evaporator AC dan bau yang tidak sedap dari AC mobil anda.
  4. Memilih menggunakan spare part KW dan murahan
    Dengan alasasan menghemat pengeluaran saat service AC, anda memilih menggunakan spare part ataupun komponen AC berkualitas rendah. Kebiasaan memilih barang-barang murah tanpa melihat kualitas dapat merusak AC mobil anda dan sistem lainnya pada mobil anda.
  5. Masih suka makan dan minum di dalam mobil
    Makan dan minum di dalam mobil sebenarnya masih diperbolehkan selama anda dapat menjaga kebersihan di dalam mobil. Namun seringkali kebersihan tersebut hanya sebatas membuang bungkus makanan ke tempat seharusnya.
    Padahal ada 2 yang paling berbahaya dan dapat merusak AC mobil anda yaitu :
    * remah-remah makanan yang dapat masuk ke dalam saluran AC mobil
    * aroma makanan menyengat seperti durian yang dapat masuk ke dalam saluran AC mobilSepertinya halnya asap rokok, remah dan cairan yang tumpah ini dapat masuk ke saluran AC dan menyumbat saluran freon sehingga AC mobil tidak dingin, AC mobil panas dan bau asem serta kadang menghasilkan bunyi berisik yang mengganggu dan bahkan menyebabkan kompresor AC jebol.
  6. Lupa untuk melakukan service berkala lanjutan
    Walaupun mobil sudah diservice, namun jika anda lupa melakukan service berkala maka service yang sudah anda lakukan sebelumnya dapat menjadi hal yang sia-sia. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membawa mobil anda ke bengkel mobil dan bengkel AC mobil setiap 6 bulan atau setiap pemakaian 2000Km. Jadi jangan sampai masalah AC mobil tidak dingin muncul baru anda datang untuk melakukan service.
  7. Memilih tempat service karena tawaran harga service yang murah
    Jika anda memilih tempat service hanya karena penawaran harga murah dan bukan atas faktor kualitas service dan pengalaman mekaniknya, maka bisa saja layanan yang diberikan adalah layanan service AC amatir.

Oleh karenanya, agar hasil service AC mobil anda dapat tahan lama, sangatlah penting bagi anda untuk memperhatikan 3 hal berikut ini, yaitu :

  • Dahulukan kualitas bengkel dan spare part ketimbang tawaran harga murah
  • Ubah dan hentikan kebiasaan buruk yang dapat merusak AC mobil anda
  • Pilih dan servicelah AC mobil anda di bengkel AC mobil yang memang berkompeten

Salah satu bengkel AC mobil yang berkompeten dengan mekanik-mekanik berpengalaman dan menjadi pilihan banyak orang di daerah Jakarta adalah Dokter Mobil. Dengan layanan service AC mobil tanpa bongkarnya, service AC menjadi lebih cepat, lebih akurat, dan mampu memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumen.

Salah satu layanan yang ditawarkan adalah flushing AC dengan menggunakan mesin flushing canggih.

Mungkin masih banyak pemilik mobil yang belum tahu apa itu mesin flushing, padahal sebagai pemilik mobil pasti sudah setidaknya satu kali membawa mobilnya untuk service AC mobil.

Mesin flushing adalah sebuah mesin dengan teknologi digital terkomputerisasi yang berfungsi untuk melakukan service AC berupa sedot dan isi ulang oli kompresor AC serta sedot dan isi ulang freon pada AC mobil. Dengan mesin ini, proses service AC mobil panas dan bau asem dan bau bangkai, AC mobil berisik, dan AC mobil tidak dingin dan kurang dingin dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Apakah hanya itu kemampuan mesin flushing ? Tentu saja tidak. Mesin flushing juga bekerja dengan sangat baik untuk menyedot kotoran dalam sistem pendingin ruangan mobil, selain itu mesin flushing mampu mengkalibrasi tekanan yang pass di dalam kompresor dan kondensor AC.

Setidaknya ada 15 manfaat yang bisa anda rasakan jika menservice AC di bengkel dengan teknologi mesin flushing ketimbang di bengkel dengan service yang harus membongkar mesin anda, yaitu :

1)  Menghemat Waktu Anda
Sistem mesin flushing akan memakan waktu kurang dari 1 jam untuk menservice AC mobil anda. Kecepatan servicenya 5 hingga 8 kali lebih cepat daripada teknik service AC mobil menggunakan metode konvensional (membongkar AC mobil).

2) Mengajak Anda Menyelamatkan Bumi
Pada service AC konvensional, freon yang dikeluarkan akan terbuang ke udara. Padahal freon adalah zat penghasil efek rumah kaca yang dapat menyebabkan berlubangnya lapisan ozon di bumi.

Sementara pada teknologi mesin flushing, freon AC yang disedot akan dimurnikan sehingga kotoran pada freon disaring dan dibuang. AC freon yang sudah murni akan digunakan kembali untuk mengisi freon AC mobil anda.

3)Oli Disedot dengan Sempurna
Pada saat menservice AC, oli bekas pada kompresor akan disedot hingga habis lalu diganti dengan oli baru. Sehingga kompresor AC mobil anda akan 100% hanya terisi dengan oli baru. Hal ini tentu akan membuat kompresor AC mobil layaknya baru sehingga kinerja AC akan bekerja dengan optimal. Selain masalah AC mobil panas dan bau asem hilang, masalah AC mobil tidak dingin dan bau oli pun terselesaikan.

4) Takaran Oli dan Freon yang Akurat
Dengan sistem takaran digital dan akurat, oli dan freon yang diisi benar-benar sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Kelebihan ataupun kekurangan oli dan freon dapat menyebabkan naiknya tekanan pada turbin AC dan dapat menyebabkan AC mobil rusak.
Dengan takaran yang tepat, tekanan pada AC pun akan sesuai dengan standart sehingga AC dapat bekerja maksimal dan tahan lama.

  1. Tidak Ada Proses Bongkar AC Mobil
    Tanpa perlu membongkar AC, anda tidak akan mengalami kerugian-kerugian yang umumnya timbul akibat kesalahan saat proses bongkar pasang seperti kabel AC yang tidak terpasang dengan benar, dan spare part yang rusak selama proses bongkar.

6) Biayanya Lebih Murah
Jika menservice AC di tempat dengan metode konvensional (service AC dengan bongkar), biaya jasa mekanik yang dibebankan akan lebih mahal karena proses pengerjaan membutuhkan waktu 5 hingga 8 jam. Sementara dengan mesin flushing, pekerjaan mekanik hanya mengoperasionalkan mesin flushing.

7) Saluran AC Bebas Sumbatan
Mesin flushing menyedot semua kotoran pada saluran AC dengan sangat baik sehingga kotoran maupun freon beku yang menyumbat saluran AC akan diangkat dengan cepat dan tuntas.

8) Bebas dari Garansi Hangus
Pada mobil-mobil terbaru, umumnya terdapat persyaratan garansi mobil yaitu tidak boleh membongkar sistem AC mobil anda. Jika anda membawa mobil anda ke tempat service AC konvensional, dipastikan garansi mobil anda akan dianggap hangus.

Namun karena mesin flushing menservice tanpa bongkar, garansi mobil anda akan tetap anda.

9) Tekanan pada AC Terkalibrasi dengan Sempurna
Dengan sistem ukur digital, mesin flushing akan mengkalibrasi tekanan pada AC mobil sesuai dengan tekanan standart atau tekanan yang dapat membuat AC mobil bekerja optimal. Sehingga hawa sejuk yang dikeluarkan AC mobil benar-benar sesuai dengan yang anda inginkan.

10) Sistem AC Mobil Anda Menjadi seperti Baru
Hal ini dapat terjadi karena oli dan freon lama benar-benar disedot, kotoran-kotoran yang menyumbat dibersihkan, lalu diisi dengan oli dan freon yang baru dalam takaran yang tepat. AC mobil panas dan bau asem pun akan hilang dan kembali dingin serta segar.

Hal ini akan membuat AC mobil anda bersih dan bekerja optimal layaknya memiliki AC mobil baru.

11) Terbebas dari Potensi Kerusakan
Tujuan service AC mobil adalah memperbaiki kerusakan dan mencegah adanya kerusakan lainnya pada AC mobil anda, serta mengembalikan performa AC ke dalam kinerja optimalnya. Tetapi mesin flushing memiliki fungsi yang lebih yaitu mencegah kerusakan akibat kesalahan bongkar pasang komponen AC mobil.

12) Anda Hanya akan Menerima AC Mobil dalam Keadaan Prima
Banyak sekali pemilik mobil yang mengeluh karena ternyata hasil service manual dengan sistem bongkar ternyata tidak sempurna. AC hanya dingin sebentar, atau muncul masalah-masalah lainnya pada AC mobil mereka.

Hal ini akan sulit terjadi pada AC mobil yang diflushing menggunakan mesin. Mengapa ? Tentu saja karena mesin flushing mampu mengkalibrasi kondisi AC mobil agar menghasilkan nilai sempurna dan dapat AC bekerja sesuai dengan keinginan anda.

Anda dapat mengunjungi Dokter Mobil di alamat :

Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi salah satu kontak berikut :

Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan bagi anda. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags: , ,

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *