Penyebab AC Mobil Mati Saat Mesin Panas dan Solusi Mengatasinya
 
Posted by Juan Domo Perawatan Berkala

Penyebab AC Mobil Mati Saat Mesin Panas dan Solusi Mengatasinya

Penyebab AC Mobil Mati Saat Mesin Panas dan Solusi Mengatasinya.indo

Masalah di mana AC mobil mati saat mesin panasĀ  tidak bisa dibiarkan. Selain mengganggu kenyamanan, kerusakan bisa saja semakin parah.

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab munculnya masalah ini. Namun kami akan membeberkan beberapa yang kerap menjadi faktor penyebab munculnya kasus ini. Dengan demikian, anda tahu solusi terbaik apa yang bisa dilakukan.

Faktor Penyebab AC Mobil Mati Saat Mesin Panas

Pada umumnya AC mobil memang akan mati ketika mesin mengalami panas berlebih (overheating). Hal ini wajar untuk memastikan kinerja mesin tidak bertambah berat. Karena jika AC mobil tetap menyala, resiko mesin terbakar atau meledak bisa saja muncul.

Namun jika mesin panas yang normal, namun AC mobil tiba-tiba mati, maka itu merupakan gejala yang perlu dicari penyebabnya. Adapun beberapa penyebab munculnya masalah ini antara lain adalah:

  • Sensor Panas yang Rusak
    Sensor panas bisa saja mengalami gangguan. Suhu yang naik terbaca overheating, sehingga memerintahkan indikator untuk mematikan AC mobil.Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti sensor suhu pada AC mobil anda.
  • Kelistrikan Mobil yang Tidak Stabil
    Jika kelistrikan mobil tidak stabil, ketika mesin panas voltage yang dialirkan ke AC mobil tidak mencukupi. Akibatnya, AC mobil akan mati karena kekurangan daya/aliran listrik.Untuk mengatasi masalah ini, silahkan menggunakan volt stabilizer. Adapun dua volt stabilizer yang direkomendasikan adalah JS One dan R-Project.

Itulah beberapa penyebab umum AC mobil mati ketika mesin panas. Nah untuk menghindari terjadinya masalah ini, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan.

Solusi Mencegah Terjadinya Masalah AC Mobil Mati ketika Mesin Panas

Untuk menjaga AC mobil tetap performa maksimal, beberapa cara bisa anda lakukan. Di antaranya adalah dengan melakukan perawatan berkala yang meliputi:

  • Melakukan ganti oli kompresor secara berkala
  • Melakukan ganti oli mesin mobil secara berkala
  • Rutin melakukan tune up pada mobil
  • Memastikan menjaga kestabilan kelistrikan dan pasokan listrik mobil (dengan merawat aki dan memasang volt stabilizer)

Dan yang paling terpenting dari semua itu adalah selalu memeriksakan mobil anda ketika menemukan hal yang tidak biasa. Jangan sampai kejadian AC mobil mati saat mesin panas berlanjut ke tingkat yang lebih membahayakan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *