Penyebab AC Mobil Malam Dingin Siang Panas dan Solusinya
 
Posted by Juan Domo AC, Perawatan Berkala

Penyebab AC Mobil Malam Dingin Siang Panas dan Solusinya

Apakah anda mengalami kondisi di mana AC mobil malam dingin namun siang panas dan menyebabkan gerah? Ini penyebab dan solusinya.

Dengan membaca dan mengikuti semua petunjuk solusi yang kami berikan ini, semoga anda dapat menyelesaikan masalah ini. Selama membaca.

Penyebab Utama AC Mobil Malam Dingin Siang Panas

Tidak perlu bingung mengapa masalah ini bisa terjadi pada mobil anda. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari tahu penyebab terjadinya masalah ini. Dengan demikian, anda tahu solusi mengatasi dan cara terbaik mencegah kembalinya masalah ini.

Adapun beberapa penyebab AC mobil tidak dingin saat siang antara lain adalah:

Freon AC Mobil Terpapar Panas

Freon AC mobil yang kepanasan akibat terkena panas sinar matahari, kualitas pendinginannya akan hilang. Dan inilah yang menjadikan AC mobil keluar hawa panas di siang hari, tapi saat malam AC mobil tetap dingin.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti freon AC mobil dengan yang lebih berkualitas. Yang tidak mudah jadi panas karena terkena sinar matahari. Cara lainnya adalah dengan memasang selubuh timah di sekitar saluran AC mobil. Dengan demikian, panas matahari tidak dapat menembus pipa dan menyebabkan freon panas.

Kompresor AC Mobil Overheat

Kurangnya oli kompresor AC mobil dapat menyebabkan kompresor AC mobil cepat panas. Dan panas ini akan menjadi overheat pada saat siang hari. Hal itu terjadi karena pengaruh hal-hal seperti kemacetan dan terik matahari.

Kompresor AC mobil yang mengalami overheat akan mengalami penurunan performa, akibatnya AC mobil menjadi kurang dingin. Bahkan dapat mengalami tidak dingin karena kompresor AC mobil berhenti berfungsi. Lantas apa solusinya?

Pada kasus ini, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti oli kompresor dengan yang baru. Lalu check apakah kompresor AC mobil masih mengalami overheat. Jika overheat masih berlanjut, solusi selanjutnya adalah dengan melakukan ganti kompresor AC mobil. Karena kemungkinan besar, kompresor AC mobil kondisinya memang sudah parah.

Mesin Mobil Overheat

Masalah selanjutnya yang jadi penyebab AC mobil malam dingin siang panas adalah mesin mobil yang bermasalah. Di mana masalah ini menyebabkan mobil mengalami panas di siang hari sehingga mesin overheat. Ketika mesin overheat, RPM mobil jadi rendah. Karena RPM nya rendah, putaran mesin tidak mampu untuk memutar kompresor AC mobil. Akibatnya, kompresor AC mobil tidak bekerja dengan baik.

Untuk mengatasi mesin mobil overheat perlu dilakukan dengan seksama. Apalagi jika untuk mengatasi masalah di perlombaan yang akan digekar. Semua pemeriksaan ini dimulai dari pemeriksaan, tune up, service, pengecheckan ulang, hingga penggantian komponen yang bermasalah.

Cara Mencegah Kembalinya Masalah AC Mobil Panas saat Siang Hari

Untuk menghindari terjadinya masalah ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Dan jika dilakukan dengan konsisten, AC mobil pasti akan dingin terus.

Adapun beberapa cara tersebut antara lain adalah:

  1. Tidak Makan dan Minum di Dalam Mobil

    Makan dan minum di dalam mobil pasti akan meninggalkan kotoran. Baik itu dari remah makanan, cairan minuman, ataupun bau makanan dan minuman. Kotoran tersebut bisa masuk dan mengendap di saluran AC mobil. Tidak hanya menjadikan AC mobil menjadi tidak dingin, kotoran tersebutpun bisa menjadi penyebab AC mobil bau dan membawa penyakit.

  2. Melakukan Flushing AC Mobil

    Masalah utama dari AC mobil yang dingin saat malam, namun tidak dingin saat siang adalah masalah pada freon AC mobil. Oleh sebab itu, flushing perlu dilakukan untuk memastikan AC mobil terisi freon berkualitas pada takaran yang sesuai.

  3. Rajin Melakukan Perawatan AC Mobil

    Perawatan AC mobil sangatlah penting untuk mencegah munculnya berbagai masalah yang kerap dialami pemilik mobil. Selain flushing AC mobil, perawatan inipun meliputi cuci AC mobil, cuci evaporator, dan penggantian part. Kejadian di mana AC mobil malam dingin siang panas mungkin baru pertama kali dengar, namun solusi dan cara mencegahnya harus anda ketahui secara langsung.

  4. Lakukan Tune Up Mobil 

    Tune up sangat penting untuk dilakukan. Tidak hanya agar secara tidak langsung AC mobil bisa terus dingin, namun agar performa mobil terus maksimal. Dengan melakukan tune up, mobil akan lebih bersih, bertenaga, dan irit bahan bakar.

  5. Hindari Parkir di Tempat Panas

    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, AC mobil biasanya tidak dingin di siang hari karena freon terpapar panas matahari. Oleh sebab itu, sangat penting untu memarkirkan mobil ke tempat yang jauh lebih aman dan terlindungi dari sinar matahari.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan pada anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat menentukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah di mana AC mobil malam dingin siang panas.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *