Faktor Penyebab AC Mobil Espass Tidak Dingin dan Solusinya
 
Posted by Juan Domo AC Mobil Tidak Dingin

Faktor Penyebab AC Mobil Espass Tidak Dingin dan Solusinya

Penyebab AC Mobil Espass Tidak Dingin dan Bagaimana Mengatasinya

Mengatasi masalah AC mobil Espass tidak dingin ternyata sangatlah mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu penyebab masalahnya. Dengan demikian, menentukan solusi masalah akan menjadi lebih mudah.

Penyebab masalah ini bisa terjadi karena kerusakan yang diakibatkan usia spare part, bisa juga karena kebiasaan buruk yang dilakukan. Misalnya makan dan minum di dalam mobil, merokok di dalam mobil, ataupun sering mengabaikan perawatan mobil.

5 Penyebab AC Mobil Espass Tidak Dingin serta Cara Mengatasinya

Karena beda penyebab beda pula solusinya, maka hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah AC mobil adalah mencari penyebab masalahnya. Pada umumnya AC mobil Espass akan bermasalah pada komponen-komponen seperti:

  1. Oli Kompresor

    Kurangnya oli kompresor akan menyebabkan kinerja kompresor menjadi drop. Akibatnya, proses pendinginan udara menjadi terhambat. Jadi kapan terakhir kali melakukan penggantian oli kompresor?

    Jangan buru-buru melakukan penggantian oli kompresor. Pastikan bahwa oli kompresor mobil memang sedang bermasalah. Oleh sebab itu, anda bisa melakukan pengecheckan tekanan kompresor untuk mencari tahu kondisi oli. Baik itu kualitas olinya, maupun volume oli kompresornya.

  2. Freon AC Mobil

    Berkurangnya volume freon juga menyebabkan AC mobil Espass menjadi tidak dingin. Nah, biasanya masalah ini diselesaikan dengan car mengisi ulang freon AC mobil. Tapi sebenarnya freon AC mobil tidak berkurang loh kalau tidak ada kebocoran. Oleh karena itu, titik kebocoran di saluran AC mobil perlu dicari tahu.

    Jika freon mengalami kebocoran, penambalan kebocoran perlu dilakukan. Jika memang tidak bisa ditambal, maka part yang bocor perlu diganti. Anda juga perlu mengetahui mengapa komponen tersebut bisa sampai bocor.

  3. Kerusakan Part

    Banyak sekali part AC mobil yang ketika rusak akan menyebabkan gejala tidak dingin pada AC mobil. Kerusakan ini bisa dikarenakan kebiasaan buruk ketika berada di dalam mobil, kebiasaan buruk dalam memperlakukan komponen AC mobil, ataupun karena usia part yang memang sudah waktunya.

    Ada banyak sekali part yang ketika rusak akan menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin. Misalnya kebocoran evaporator dan kondensor, kerusakan kompresor AC mobil, kerusakan magnetic clutch, ataupun masalah lainnya pada komponen mobil.

    Jika bingung mana yang jadi masalah penyebab AC tidak dingin, silahkan bawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecheckan dan estimasi biaya perbaikan. Di Dokter Mobil, anda bisa melakukan pengecheckan secara gratis dan menyeluruh menggunakan alat-alat canggih.

  4. Komponen yang Kotor

    Ada beberapa komponen AC mobil yang ketika kotor akan menyebabkan performa AC mobilnya jadi tidak lagi mampu menghasilkan udara dingin. Adapun beberapa komponen yang ketika kotor bisa menyebabkan masalah pada AC mobil antara lain filter AC mobil dan evaporator.

    Filter AC mobil ketika kotor akan menyebabkan udara dingin tidak bisa lewat dengan sempurna akibat terhalang debu dan kotoran. Oleh karena itu, masalah filter AC yang kotor harus segera diselesaikan dengan cara melakukan penggantian filter AC mobil.

  5. Sensor Suhu Tidak Bekerja

    Sensor bertugas untuk mengecheck kondisi terkini di AC mobil. Jika suhu mencapai titik “panas” maka sensor akan segera memberikan repon untuk menghasilkan dingin. Namun jika sensor tidak bekerja maka ketika udara di dalam Espass sudah cukup panas, maka sensor suhu akan tetap diam karena melihat semuanya baik-baik saja.

    Untuk mengatasi hal ini, perbaikan pada sensor suhu perlu dilakukan. Namun pada beberapa kasus, sensor suhu mobil Espass perlu untuk segera diganti.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab serta cara mengatasi masalah AC mobil Espass tidak dingin ini. Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa berbagi informasi.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *