Kenapa AC Mobil Dingin Tapi Ngorok dan Bunyi Kasar? Ini Jawabannya
 
Posted by Juan Domo AC, Perawatan Berkala

Kenapa AC Mobil Dingin Tapi Ngorok dan Bunyi Kasar? Ini Jawabannya

Wajar untuk khawatir ketika AC mobil dingin tapi ngorok seperti orang yang mendengkur. Jangan-jangan mobil rusak parah. Nah silahkan membaca artikel berikut ini untuk mengetahui penyebab dan solusi untuk masalah ini.

Mengapa sih kita harus tahu penyebab terjadinya masalah ini? Tentu saja agar lebih mudah menentukan solusi terbaik apa yang harus diambil. Ada banyak sekali penyebab suatu masalah di AC mobil. Dan solusinya harus sesuai dengan penyebab masalah tersebut.

Penyebab AC Mobil Dingin Tapi  Mengeluarkan Bunyi Ngorok

Ada 3 hal utama yang kerap menjadi penyebab munculnya bunyi ngorok ini. Dan semua penyebab itu akan menyebabkan kerusakan lebih parah jika tak ditangani dengan segera.

Adapun ketiga hal tersebut adalah:

Gram-Gram Kasar di Dalam Kompresor AC Mobil

Adanya gram-gram besi di dalam kompresor akan menyebabkan gesekan antara gram-gram tersebut dengan dinding kompresor. Gesekan tersebut kian lama akan menggerus dinding kompresor dan menyebabkan kompresor AC mobil menjadi jebol.

Adapun gram-gram penyebab bunyi ngorok pada AC mobil ini berasal dari logam-logam di dalam kompresor yang saling bergesekan dan saling mengikis karena kompresor AC mobil kekurangan oli. Maka dari itulah, dapat disimpulkan bahwa bunyi ngorok pada AC mobil merupakan gejala yang muncul akibat anda jarang ganti oli kompresor.

Oli Kompresor yang Habis

Oli kompresor lama-kelamaan akan habis, baik volumenya, maupun kekentalannya. Dan tak mampu lagi menjaga mesin  kompresor dari gesekan antar logam. Habisnya oli kompresor akan menyebabkan bunyi ngorok yang berasal dari gesekan antar logam yang sudah terbaret-baret.

Jika dibiarkan, masalah ini akan menyebabkan kompresor AC mobil cepat panas dan meledak.

Adanya Benda Asing di Sekitar Kipas AC Mobil

Adanya daun yang masuk ke sekitar kipas AC mobil, ataupun adanya bagian kipas AC mobil yang patah dapat menyebabkan munculnya bunyi berisik seperti orang ngorok. Dan hal ini akan menyebabkan AC mobil dingin tapi ngorok dan bunyi kasar.

Lantas apa solusi untuk tiap-tiap masalah ini?

Solusi Mengatasi AC Mobil Dingin Tapi Ngorok

Bunyi ngorok jika tidak segera diatasi akan menimbulkan masalah seperti kompresor cepat panas, meledak, ataupun mati total. Oleh sebab itu, penenanganannya perlu dilakukan secara cepat dan tepat. Ada 3 penanganan yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

  1. Flushing AC Mobil

    Dengan melakukan flushing, gram-gram kasar di dalam kompresor AC mobil akan dibersihkan. Dengan flushing, kompresor AC mobil akan bersih selayaknya baru. Lalu setelah itu, kompresor akan diisi dengan oli kompresor baru yang lebih berkualitas.

    Hasil dari flushing AC mobil, tidak hanya mengatasi bunyi ngorok, namun juga menjadikan AC mobil lebih dingin.

  2. Cuci AC Mobil

    Adanya bunyi ngorok juga biasa disebabkan adanya kotoran di sekitar kipas AC mobil. Dengan melakukan cuci AC mobil, bunyi ngorok ini dapat diatasi karena kotoran di sekitar kipas akan dibuang.

  3. Penggantian Kompresor AC Mobil

    Pada tingkat yang sudah cukup parah, flushing AC mobil mungkin tidak mampu lagi mengatasi bunyi ngorok ini. Biasanya karena kompresor sudah jebol, dan gram-gram sudah terlalu banyak dan menilbulkan karat di dinding kompresor.

    Namun tentunya setelah melakukan penggantian kompresor AC mobil, anda harus memperhatikan perawatan AC mobil secara lebih serius.

Nah itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi kondisi di mana AC mobil dingin tapi ngorok yang bisa kami berikan. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca. Apapun mobilnya, Dokter Mobil bengkelnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *