Penyebab AC Mobil Dingin Saat Jalan Saja Namun Tidak saat Diam
 
Posted by Juan Domo AC, Masalah AC Mobil, Perawatan Berkala

Penyebab AC Mobil Dingin Saat Jalan Saja Namun Tidak saat Diam

Penyebab AC Mobil Dingin Saat Jalan Saja Namun Tidak saat Diam

Memperbaiki AC mobil dingin saat jalan namun tak berfungsi saat mobil diam ternyata sangatlah mudah. Cukup check 2 komponen berikut. Komponen yang perlu dicheck tersebut adalah:

  1. Magnetic Clutch
    Sering disebut juga dengan nama pulley. Fungsinya untuk menggerakkan kompresor AC mobil seturut dengan berputarnya mesin mobil. Penggantian magnetic clutch diperlukan jika komponen ini bermasalah.
  2. Fan Belt AC Mobil
    Merupakan tali yang berfungsi menyambungkan mesin mobil dengan kompresor AC mobil. Komponen ini sering mengalami masalah, seperti putus, copot, atau longgar.Seperti halnya magnetic clutch, fan belt yang rusak harus diganti dengan yang baru.

Nah sebenarnya apa sih yang menyebabkan AC mobil hanya dingin saat jalan? Kok ketika diam, AC mobil tidak bekerja mendinginkan mobil?

Penyebab AC Mobil Dingin Saat Jalan Tapi Tidak Dingin saat Mobil Diam

Kasus ini sebenarnya sangatlah sepele. Penyebab terjadinya masalah ini adalah karena mesin mobil tidak berputar saat mobil diam. Akibatnya, tidak ada putaran ke kompresor AC mobil. Hal tersebut menyebabkan kompresor menyala, namun tidak bekerja untuk menggerakkan sistem kondensor AC.

Penyebab mesin mobil tidak memutar kompresor saat mobil diam cukuplah banyak. Di antaranya adalah:

  • Magnetic clutch rusak sehingga saat idle tidak berputar karena magnetismnya memerlukan putara mesin yang lebih tinggi.
  • Tenaga mesin kurang sehingga putaran mesinnya saat diam hanyalah sedikit. Putaran yang terlalu sedikit tidak mampu menggerakkan fungsi kompresor AC mobil dengan baik.
  • Fan belt AC mobil yang longgar sehingga ketika mobil diam, fan belt tidak mampu mengegrakkan putaran kompressor AC mobil.

Nah untuk memastikan AC mobil dingin saat jalan maupun saat diam, perawatan berkala pada AC mobil sangatlah diperlukan. Ada banyak solusi yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah ini.

Solusi Mencegah dan Mengatasi AC Mobil yang Cuma Dingin saat Jalan

Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini, anda perlu untuk melakukan perawatan berkala pada AC mobil. Perawatan berkala ini meliputi pengecheckan rutin kondisi AC mobil, penggantian spare part yang sudah tua, penggantian spare part yang dirasa sudah tidak layak pakai, dan melakukan cuci AC mobil secara berkala.

Ya, cuci AC mobil perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisi AC mobil tetap bersih sehingga lebih terhindar dari resiko karat, mampet, dan tersumbat.

Itulah beberapa solusi dan cara agar AC mobil dingin saat jalan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

 

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *