Faktor Penyebab Tarikan Mobil Berat Saat AC Hidup dan Solusinya
 
Posted by Juan Domo AC, bengkel mobil, Masalah Mesin Mobil

Faktor Penyebab Tarikan Mobil Berat Saat AC Hidup dan Solusinya

Salah satu kelebihan dari mobil adalah dilengkapi dengan AC. Anda selain terbebas dari pancaran sinar matahari secara langsung, anda juga bisa menikmati segarnya udara di dalam mobil dengan AC. Namun, ternyata adanya AC dapat meningkatkan tarikan mobil berat saat AC hidup.

Penyebab Tarikan Mobil Berat saat AC Hidup

Penyebab tarikan mobil anda berat saat AC dihidupkan antara lain adalah:

  1. Penyetelan RPM tidak sesuai. Hal ini dapat mengganggu putaran serta beban mesin saat mobil sedang tidak digas. Saat AC dan mobil dinyalakan dapat meningkatkan juga jumlah RPM. Oleh karena itu, ada harus melakukan penyetelan RPM sesuai dengan jenis mobil yang anda miliki.
  2. Kompresor terlalu besar. Kompresor terlalu besar ternyata mampu membuat mobil anda bermasalah. Hal ini dikarenakan kompresor AC tidak sesuai dengan standar dan buka asli dari mobilnya sehingga justru dapat membebani kinerja mobil anda. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mengganti kompresor yang sesuai dengan standar bawaan pabrik mobil.
  3. Sirkulasi AC kurang optimal. Hal ini termasuk di dalamnya kondensor, evaporator dan saluran pada AC. Jika salah satu komponen tersebut ada yang kotor dan bocor dapat menjadikan sirkulasi AC kurang bagus. Kondisi demikian dapat berpengaruh terhadap kinerja kompresor yang semakin berat.
  4. Terjadi gangguan pada filter udara. Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk. Jika kondisinya kotor atau bocor ternyata dapat memperparah kondisi mobil anda karena kinerja mesin mobil anda akan terganggu. Untuk mengatasinya anda harus rajin membersihkan filter udara secara rutin. Jika tidak memungkinkan bawalah segera ke bengkel.
  5. Jarang mengganti oli. Oli dapat berfungsi sebagai pelumas mesin anda sehingga harus sering anda rawat dan mengganti oli. Penggantian oli ini sangat penting karena berpengaruh langsung terhadap kinerja mesin pada mobil anda.
  6. Tidak dirawat dengan baik. Salah satu faktor yang menyebabkan tarikan mobil berat saat AC hidup adalah karena pemilik mobil kurang merawat kendaraannya dengan baik. Alangkah baiknya jika anda mau merawat dan memperhatikan kebutuhan mobil anda sehingga mesin mobil anda awet dan tahan lama.

Tips Merawat Mobil dengan Benar sehingga Awet dan Tahan Lama

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar mobil anda awet serta dapat menjaga kestabilan mesin meski AC dinyalakan:

  1. Rajin menservis mobil anda.
  2. Rajin mengganti oli. Hal ini dikarenakan oli sangatlah penting dan berpengaruh terhadap kinerja mesin.
  3. Menggunakan kompresor yang sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pabrik atau bisa jadi karena kompresor kebesaran dan tidak sesuai dengan standar.
  4. Melakukan perawatan yang meliputi penyetelan pengapian, pembakaran, saringan oli, saringan udara dan pengaturan komponen lainnya yang turut berpengaruh terhadap kinerja mesin pada mobil anda.
  5. Selalu memperbaiki dan menjaga filter udara agar tetap bersih sehingga akan meningkatkan dan memperlancar aliran udara sehingga kinerja mesin akan meningkat.
  6. Sirkulasi AC kurang bagus sehingga menyebabkan kompresor justru membebani mesin mobil anda.
  7. Pada mobil yang yang menggunakan karburator tarikan mobil berat saat AC hidup karena setelan RPM kurang tepat. Hal ini dikarenakan pada kondisi yang kurang tepat dapat membebani dan berpengaruh terhadap putaran mesin.

Lain halnya dengan mobil yang telah menggunakan sistem injeksi, dia memiliki sistem pengaturan yang sering disebut dengan ECU. Meski demikian anda juga harus memperhatikan RPM. Pada kondisi normal RPM sebesar 800 RPM, sedangkan setelah AC dinyalakan akan meningkat dalam kisaran 900 hingga 1000 RPM.

 

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *