3 Hal Utama Yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin
 
Posted by Juan Domo AC

3 Hal Utama Yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

Cukup banyak hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin atau hanya angin saja. Maka tidak heran jika komponen ini sering bermasalah. Lantas apa solusinya?

Untuk mendapatkan solusi terbaik mengatasi masalah pada AC mobil, anda harus terlebih dahulu mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan AC mobil anda menjadi tidak dingin. Dengan demikian, tidak hanya mendapatkan solusi, namun juga tahu cara mencegah munculnya masalah ini.

3 Hal Yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin

Sebenarnya ada banyak hal yang menyebabkan munculnya masalah ini. Namun pada dasarnya masalah AC mobil tidak dingin muncul karena 5 sebab utama, yaitu:

  • Masalah pada Freon AC Mobil

    Freon adalah sumber pendinginan pada AC mobil. Nah, masalah pada freon AC mobil merupakan penyebab AC mobil menjadi tidak dingin. Ada beberapa masalah yang muncul pada freon, yaitu:

    Frosting | Merupakan kasus di mana freon AC mobil membeku akibat suhu dingin dari dirinya sendiri. Akibat pembekuan ini, saluran freon menjadi tersumbat dan aliran freon menjadi tak berjalan dengan baik.

    Freon Berkurang atau Habis | Merupakan kasus di mana freon AC mobil jumlah atau volumenya berkurang (atau bahkan habis). Masalah ini 100% terjadi karena adanya kebocoran pada saluran AC mobil. Untuk mengatasi hal ini, anda harus mencari titik kebocoran, menambalnya, lalu mengisi ulang freon AC mobil.

    Freon Kehilangan Kualitas Pendinginannya | Masalah ini terjadi karena kualitas freon jelek, atau karena freon terlalu sering terpapar panas. Untuk mengatasi masalah ini, mengganti freon AC mobil merupakan solusi terbaik.

  • Kerusakan pada Komponen AC Mobil

    Adanya part yang rusak dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Ada beberapa part yang menjadi sumber masalah, di antaranya adalah:Fan Belt | Putus atau copotnya fan belt akan menyebabkan kompresor AC mobil tidak dapat berputar seturut putaran mesin mobil. Solusinya adalah dengan melakukan ganti fan belt AC mobil.

    Magnetic Clutch | Magnetic clutch yang rusak akan tidak berputar. Padahal putara magnetic clutch sangat penting untuk menggerakkan kompresor AC mobil. Untuk mengatasi masalah ini, penggantian magnetic clutch adalah wajib.

    Kompresor AC Mobil | Kompresor AC mobil adalah mesin utama dari AC mobil. Kerusakan pada komponen ini 100% akan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

    Kipas AC Mobil | Kerusakan pada kipas AC mobil, kompresor AC mobil akan cepat panas. Dan panasnya kompresor AC akan menyebabkan dropnya performa kompresor AC. Hal tersebut akan menjadi hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin.

  • Evaporator AC Mobil Kotor

    Merupakan komponen AC mobil yang ketika kotor akan menghambat udara dingin yang lewat. Akibatnya, AC mobil menjadi tidak dingin dan bau tidak sedap. 

    Pembersihan evaporator AC mobil perlu dilakukan secara berkala. Selain untuk mengatasi penyebab AC mobil menjadi tidak dingin, namun juga menjaga penumpang mobil dari bau dan kuman penyakit.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin dan cara sederhana mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *